Lalai Ganti Oli Gardan Skutik, Efek Buruknya Bisa Rugi Ratusan Ribu Rupiah

Oli transmisi atau gardan di motor skutik tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan dan melakukan pergantian, sebagaimana oli mesin. Jika telat, siap-

Lalai Ganti Oli Gardan Skutik, Efek Buruknya Bisa Rugi Ratusan Ribu Rupiah
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
Ilustrasi - New Honda Vario 150 eSP. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Oli transmisi atau gardan di motor skutik tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan dan melakukan pergantian, sebagaimana oli mesin. Jika telat, siap-siap beban tambahan bisa melambung tinggi.

Berdasarkan rekomendasi pabrikan, interval pergantian oli gardan adalah setiap 4.000 - 8.000 kilometer sekali. Tapi tak jarang pengemudi yang lalai, akibatnya sistem penggerak motor matik tidak nyaman lagi.

Motor Skutik Kian Mendominasi Pasar

Bagi Yang Memiliki Motor Matik Perlu Tahu, Ini Waktu Yang Ideal Ganti Oli Gardan

"Jika sudah cukup lama, biasanya akan keluar bunyi. Ini menandakan ada masalah di gir rasio," kata Endro Sutarno, Technical Service Divison PT Astra Honda Motor (AHM) kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Seperti oli mesin, oli gardan yang sudah lama tidak diganti akan kotor dan tingkat kekentalannya berkurang. Jadi, tidak bisa melumasi gesekan antara gir yang berada di sistem transmisi motor.

"Ketika dibiarkan terus-menerus, gir rasio tersebut akan kemakan. Biaya pergantian komponen ini cukup mahal, sekitar Rp 300.000," ujarnya.

Oleh sebab itu, diharapkan untuk para pemilik dan pengguka skutik jangan sampai lupa untuk mengganti oli gardan secara periodik. Baiknya, diganti rutin bersamaan dengan oli mesin.

"Paling tidak 3 sampai 4 bulan diganti. Lalu ketika kondisi hujan atau banjir, pergantian bisa lebih cepat," katanya.

Penulis: Ruly Kurniawan

Like Facebook Sriwijaya Post Ya...

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs https://otomotif.kompas.com/ dengan Judul:
Efek Buruk Lalai Ganti Oli Gardan Skutik, Bisa Rugi Ratusan Ribu Rupiah

Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved