HUT Ke 32 Sriwijaya Post

Bupati Joncik Terima Penghargaan The Innovative Agricultural Depelopment dari Kompas Gramedia Award

Konsen Dibidang Pertanian di Empat Lawang, Bupati Joncik Terima Penghargaan The Innovative Agricultural Depelopment dari Kompas Gramedia Award 2019

Bupati Joncik Terima Penghargaan The Innovative Agricultural Depelopment dari Kompas Gramedia Award
SRIPOKU.COM/Awijaya
Bupati Empat Lawang, H.Joncik Muhammad mendapat penghargaan dari Kompas Gramedia Sumsel award 2019 di hotel Santika Premier Palembang, Selasa (15/10/2019) 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Awijaya

SRIPOKU.COM, EMPATLAWANG - Bupati Empatlawang H. Joncik Muhammad menerima penghargaan dari Kompas Gramedia Sumsel Award 2019, dengan penghargaan The Innovative Agricultural Depelopment, Hal ini didasari dari program bupati yang konsen dalam pembangunan Sumber Daya Manusia dibidang pertanian yang mampu meningkatkan peran di sektor pertanian dalam arti luas, termasuk usaha-usaha pertanian sehingga menjadikan petani maju dan sejahtera

Komisaris Group of Regional Newspaper Kompas Gramedia (Tribun), Herman Darmo, kepala Newsroom Sriwijaya Post dan Tribun Sumsel Hj. L Weni Ramdiastuti, Gubernur Sumsel Herman Deru, Pangdam II Sriwijaya, mewakili Kapolda Sumsel, Ketua ombudsman Ri, Amzulian Rivai dan para bupati dan walikota di pemerintahan Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Selatan.

Penghargaan ini diberikan bukan tanpa alasan, sejak dilantik menjadi bupati Kabupaten Empat Lawang pada 18 September 2018 lalu, H. Joncik Muhammad langsung menjalankan program visi dan misi daerah untuk mencapai kata Empat Lawang Madani (Makmur, Aman, Damai, Agamis, Nasionalis dan Indah)

Setidaknya, ada dua konsen program Joncik memimpin Empat Lawang, yakni dibidang pertanian dan keamanan dan tetap tidak mengkesampingkan potensi luarbiasa lainnya, masih dikelolah dengan maksimal seperti wisata alam, tambang, dan potensi wisata kuliner

Kabupaten Empat Lawang hampir 90 persen lebih masyarakatnya berprofesi sebagai petani, untuk itu Bupati Joncik sangat konsen dengan bidang ini tujuannya meningkatkan hasil pertanian agar perekonomian masyarakat Empat Lawang bisa lebih baik.

Joncik berencana membangun Pusat Penelitian Pengembangan Pertanian Terpadu (P4T) lokasi nantinya berada di Jalan Poros Noerdin Pandji Tebing Tinggi - Pendopo dengan lahan seluas 60 hektare.

Rencananya pada tahun 2020, tahapan P4T mulai dari persiapan dan pembebasan lahan, tahun 2021 sudah dimulai pembanguna fisik. Selanjutnya pada 2022 sudah ada sekolah pertanian sebagai pusat pendidikan dan pelatihan bagi para petani dan pusat bisnis.

P4T bisa menjadi objek agro wisata, bisa menjadi aoutlet pertanian di Empat Lawang yang rencananya akan bekerja sama dengan beberapa universitas di Indonesia

P4T nantinya ada empat komponen penting meliputi bidang Sumber Daya Manusia (SDM), di bidang ini ada Diklat dan bimtek bagi petani, pendamping penyuluh, kursus singkat pertanian dan sekolah vokasional pertanian D1 sampai D4.

Halaman
123
Penulis: Awijaya
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved