Pembuat Video Viral Penggal Jokowi Ina Yuniarti Bebas, Tiga Anaknya Jadi Tujuan Usai Ucap Takbir

Ina Yuniarti bebas dari hukum akibat kasus penyebaran video yang berujung viral berisi ujaran kebencian terhadap Presiden Joko Widodo.

Pembuat Video Viral Penggal Jokowi Ina Yuniarti Bebas, Tiga Anaknya Jadi Tujuan Usai Ucap Takbir
tribun kaltim
Ina Yuniarti 

SRIPOKU.COM - Ina Yuniarti bebas dari hukum akibat kasus penyebaran video yang berujung viral berisi ujaran kebencian terhadap Presiden Joko Widodo.

Majelis hakim menyatakan Ina Yuniarti tidak terbukti secara sah bersalah seperti yang didakwakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada dakwaan pertama.

“Membebaskan terdakwa dari dakwaan Jaksa Penuntut Umum,” kata Ketua Majelis Hakim, Tuty Haryati, Senin (14/10/2019).

Majelis hakim meminta supaya Ina dikeluarkan dari tahanan segera setelah diucapkan putusan tersebut. Dan majelis hakim meminta agar hak dan martabat Ina dipulihkan seperti semula.

Setelah majelis hakim menyatakan vonis bebas, secara spontan Ina langsung mengambil posisi duduk di lantai menghadap ke majelis hakim.

Dia melakukan gerakan sujud mencium lantai atau sujud syukur sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada Allah SWT karena terbebas dari hukuman.

“Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar,” kata wanita yang memakai jilbab berwarna cokelat, rompi berwarna oranye, baju lengan panjang berwarna putih dan celana berwarna hitam sambil meneteskan air mata.

Untuk diketahui, Ina diproses hukum karena menyebarkan video yang berujung viral berisi ujaran kebencian terhadap Presiden Joko Widodo.

Materi ujaran kebencian itu berupa pernyataan seorang pria berinisial HS yang mengancam akan memenggal kepala Joko Widodo.

Atas perbuatan itu, JPU mendakwa Ina Pasal 27 ayat (4) juncto Pasal 45 ayat (4) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Halaman
12
Editor: Refly Permana
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved