Pertegas Aset Pemerintah, Pemkab Banyuasin Lakukan Pengukuran Kordinat

Dalam rangka legalisasi pertanahan aset, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin melakukan pengukuran dan pengikatan titik kordinat.

Pertegas Aset Pemerintah, Pemkab Banyuasin Lakukan Pengukuran Kordinat
sripoku.com/matbodok
Sekda Banyuasin Ir HM Senen HAR dan Kadis Perkimtan Ir H Zulkarnain Idrus, Kabid Pertanahan Pujianto SIP MSi, melakukan pengukuran dan pengikatan titik kordinat di Kecamatan Suak Tapeh disaksikan Kapolsek Suak Tapeh. 

Laporan wartawan sripoku.com, Mat Bodok

SRIPOKU.COM, BANYUASIN - Dalam rangka legalisasi pertanahan aset, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin melakukan pengukuran dan pengikatan titik kordinat dalam rangka legalisasi pertanahan aset milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin, di Kecamatan Suek Tapeh dan Kecamatan Rantau Bayur, Senin (14/10/2019).

Kini diperjelas kepemilikannya.

Sekda Banyuasin Ir HM Senen HAR menjelaskan terkait pengukuran dan pengikatan titik kordinat karena untuk mengetahui batas wilayah dan aset milik pemerintah.

Banyak aset pemerintah berada di wilayah di pedesaan dan kecamatan yang belum memiliki sertifikat.

"Dengan dimulainya titik kordinat, tentunya aset pemerintah, diharapkan dapat tertata rapi dan jelas. Baik di tingkat desa maupub ditingkat kecamatan," kata Sekda yang panjang lebar mewakili Bupati Banyuasin H Askolani SH MH.

Ditegaskan Sekda, apabila waktu yang telah ditetapkan pihak desa maupun kecamatan tidak bisa menyelesaikan, maka akan diambil alih pemerintah kabupaten yang mengambil keputusan dan pihak desa serta kecamatan tidak boleh menuntut.

Aset milik pemerintah ini banyak tersebar di 228 desa dan 17 kelurahan di 21 kecamatan.

"Apabila di tingkat desa dan kecamatan tidak selesai, maka pemerintah akan melakukan keputusan, tindakan penentuan titik kordinat," tegas Senen.

Disebutkan Sekda, tidak ada yang merugikan pemilik surat apabila ada perubahan titik batas.

Halaman
12
Penulis: Mat Bodok
Editor: Refly Permana
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved