Penyerangan Terhadap Wiranto

Seruan Jokowi Perangi Terorisme, BIN Kaitkan Penusukan Wiranto dengan Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Seruan Jokowi Perangi Terorisme, BIN Kaitkan Penusukan Wiranto dengan Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Editor: Fadhila Rahma
(KOMPAS.com/M ZAENUDDIN)
Presiden Jokowi usai membesuk Menko Polhukam Wiranto di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Kamis(10/10/2019). Menko Polhukam Wiranto diserang dua orang setelah meresmikan Universitas Mathlaul Awal di Pandeglang, Banten, pada Kamis (10/10/2019). 

Seruan Jokowi Perangi Terorisme, BIN Kaitkan Penusukan Wiranto dengan Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

SRIPOKU.COM - Jokowi sebut pelaku penusukan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto sebagai teroris.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto ditusuk pada Kamis (10/10/2019), oleh seseorang yang diduga terpapar paham radikal.

Peristiwa itu terjadi tidak lama setelah ia meresmikan Gedung Kuliah Bersama di Universitas Mathla'ul Anwar, Pandeglang, Banten.

Setelah peresmian, Wiranto tiba di Alun-alun Menes untuk menuju helipad. Rencananya, dia akan kembali ke Jakarta menggunakan helikopter.

Fakta Tersembunyi Abu Rara Pelaku Penusukan Wiranto, Dikenal Cerdas & Isu Diduga Terpapar Paham ISIS

Pelaku Pria Diduga Terpapar Paham Radikal ISIS, Menko Polhukam Wiranto Ditusuk Pakai Pisau Lempar

Setelah keluar dari mobil, Wiranto disambut Kapolsek Menes, Kompol Daryanto. Akan tetapi, dua orang secara tiba-tiba mendekati mereka.

Si laki-laki menusuk tubuh Wiranto di sekitar perut bagian bawah. Sedangkan, si perempuan menusuk Kompol Daryanto.

Akibat serangan itu, Wiranto menderita dua luka tusukan di bagian perutnya. Kapolsek Menes juga mendapatkan dua luka di punggung dan dada atas.

Polisi langsung mengamankan dua pelaku yang terdiri dari satu perempuan dan satu laki-laki.

Kedua orang itu adalah pasangan suami istri berinisial SA dan FA. Polisi menyebut pelaku terpapar radikalisme ISIS dan tengah mendalami kaitannya dengan Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

Perangi terorisme

Presiden Joko Widodo tak ragu menyebut pelaku penusukan Wiranto sebagai teroris. Hal itu disampaikan Jokowi usai menjenguk Wiranto yang tengah dirawat di RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Kamis sore.

"Tadi hanya beberapa beberapa menit setelah kejadian penusukan dengan pisau oleh teroris kepada Menko Polhukam Bapak Wiranto, saya langsung mendapatkan laporannya," ujar Jokowi.

"Dan saat itu juga saya langsung perintahkan yang ada di lapangan untuk segera dibawa dengan heli menuju ke Jakarta menuju ke RSPAD," kata dia.

h
Menko Polhukam Wiranto (kedua kiri) diserang orang tak dikenal dalam kunjungannya di Pandeglang, Banten, Kamis (10/10/2019). ANTARA FOTO/Dok Polres Pandeglang/foc.(Handout)
Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved