Wawancara Eksklusif

Bupati Empatlawang: Kopi Kami Terenak di Indonesia

Dari halaman rumah dinas bupati sambil melihat pemandangan sungai Musi, dan Kota Tebing Tinggi yang indah.

Bupati Empatlawang: Kopi Kami Terenak di Indonesia
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Bupati Empatlawang H Joncik Muhammad 

"Ayo datang ke Empat Lawang" demikian ajakan Bupati Empat Lawang H. Joncik Muhammad didampingi wakil bupati Yulius Maualana kepada seluruh masyarakat di Sumsel saat diwawancarai Kepala NewsroomTribun Sumsel -Sriwijaya Post, Hj L Weny Ramdiastuti,di rumah dinas bupati Empat Lawang, Kamis(10/10/2019). Joncik menyebut Kabupaten Empat Lawang mempunyai potensi yang luar biasa untuk dikunjungi baik itu potensi wisata kuliner dan wisata alam, Empat Lawang jangan hanya dikenal dengan daerah Texas atau daerah begal saja, jauh dari kata itu.

Dari halaman rumah dinas bupati sambil melihat pemandangan sungai Musi, dan Kota Tebing Tinggi yang indah. Sebelum pertanyaan diajukan penanya ekspresi wajah keduanya Bupati Joncik dan Wakil Bupati Yulius sama-sama tegang, namun sesaat berjalan suasana langsung menjadi cair

Kenapa nama Kabupaten Empat Lawang dan asal usulnyanya darimana?
Asal usul nama kabupaten Empat Lawang yakni empat pendekar, waktu itu Tebing Tinggi masih kewedanaan, empat pendekar itu empat pintu masuk, pendekar pertama dari arah Pagaralam yakni Desa Sawah desa saya, pintu kedua dari arah Kepahiang yaitu Desa Simpang Perigi, pintu ketiga dari arah Lubuk Linggau yaitu Desa Muarasaling desanya Wakil Bupati Yulius Maulana, keempat pintu arah Lahat desa Tanjungmakmur dan Tanjungkupang.

Kopi yang paling enak katanya Kopi Empat Lawang, diurutan berapa, dan apa yang membedakan kopi empat Lawang dengan kopi dari daerah lain?
Kopi Empat Lawang paling enak, nomor 16 di Indonesia, itu sudah di sahkan beberapa waktu lalu. Kopinya jenis robusta

Sekarang sedang musim OTT, hati-hati, bukannya berarti bagaimana, apa tanggapan bapak berdua mengenai kejadian OTT yang sering terjadi, terakhir terjadi di Lampung Utara?
Merinding saya mendengarnya. Untuk OTT salah satu tugas yang melekat pada KPK, kami kepala daerah itu harus hati-hati, maaf, dengan jebakan jabatan sebagai bupati memang menggiurkan luar biasa, kita harus tahu dan paham dengan peraturan dan undang-undang yang berlaku, kita harus tahu pengelolan keuangan, bagaimana mengelola pemerintah, yang rawan hampir semua OTT itu suap, ada suap proyek pembangunaan ada suap penempatan pejabat. Inshaallah dengan pelajaran yang ada kami harus penuh kehati-hatian yang pasti saya menjamin tidak ada jual beli jabatan baik itu jabatan kepala sekolah, Kabid, sekretaris dan eselon dua kalau ada pejabat BKPSDM yang jual beli jabatan saya pastikan saya pecat. Itu saya umumkan. Ini pak Chandra silahkan tanya kepala BP2RD baru di lantik tadi pagi, kalau di Provinsi namanya Bapeda sebuah jabatan itu cukup seksi, satu lagi jabatan PU itu bahaya, Jadi kita Empatlawang menempatkan pejabat berdasarkan kompetensi

Pesan apa yang ingin disampaikan kepada masyarakat Sumsel mengenai Empatlawang?
Pesan saya masyarakat Sumatera Selatan, dan masyarakat di seluruh Indonesia dimana pun anda berada, Empat Lawang bukan daerah begal, bukan daerah Texas jauh dari itu. Datanglah sekarang Inshallah Empatlawang akan membuat bapak ibu senang, berkesan, ada wisatanya kuliner lempok, kopi robusta Empat Lawang, ada wisata alam, bahkan peringkat ke 16 peringkat di Indonesia. Mudahan ibu Pimred sudah mencicipi kopi Empat Lawang.
Empat Lawang punya potensi selain pertanian, pariwisata, sumberdaya alam kita punya batubara, emas, galian C, gas, saya mengundang akan memberikan kemudahan dan regulasi perizinan.Saya mengajak masyarakat Empat Lawang untuk ramah kepada tamu dan pendatang supaya mereka merasakan seperti rumah sendiri

Sekarang saya minta Wabup untuk pakai bahasa daerah Empat Lawang untuk mengajak ke Empat Lawang, yang umum saja?
Wabup: Kawan kawan sanak keluarga dulur- dulur tadi bupati sudah menjelaskan mungkin sudah keruan jangan lupo maen kepada kami cicip kami kopi robusta, jangan lupo pulo ado lempok terbuat dari degian, itu bae kuraso tadi sudah dijelaskan pak bupati ( \Bahasa Empatlawang)

Joncik: sanak keluarga sekalian dimanapun berado kita harus pameo Empat Lawang sangi keruani sangi kerawati dimano bae. Empat Lawang Madani. (cr27)

Penulis: Awijaya
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved