Antisipasi Banjir Saat Musim Hujan, Petugas Gabungan Pemkot Pagaralam Mulai Normalisasi SPAL

Antisipasi Banjir Saat Musim Hujan, Petugas Gabungan Pemkot Pagaralam Mulai Normalisasi SPAL

Antisipasi Banjir Saat Musim Hujan,  Petugas Gabungan Pemkot Pagaralam Mulai Normalisasi SPAL
SRIPO/WAWAN SEPTIAWAN
BERSIHKAN SAMPAH : Petugas gabungan dari DLH, BPBD dan Dinas PU Kota Pagaralam saat membersihkan SPAL yang ada dikawasasan Simpang Talang Jelatang Kota Pagaralam, Jumat (11/10/2019). 

Laporan Wartawan Sriwijaya Post, Wawan Septiawan

Antisipasi Banjir Petugas Gabungan Mulai Normalisasi SPAL

SRIPOKU.COM, PAGARALAM - Petugas gabungan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), ptugas Pemadam Kebakaran dari BPBD dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Pagaralam secara bergotong royong membersihkan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) dikawasan Simpang Talang Jelatang Kota Pagaralam.

Petugas melakukan normalisasi SPAL dikawasan tersebut karena sering menjadi langganan banjir saat musim hujan. Bahkan dikawasan tersebut air SPAL sering masuk kebadan jalan karena SPAL tersumbat.

Pantauan sripoku.com, Jumat (11/10/2019) menyebutkan, petugas gabungan dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran membersihkan SPAL yang ada dikawasan tersebut. Bahkan ada petugas yang masuk kedalam SPAL untuk mengambil sampah yang ada didalam SPAL.

Kepala DLH Kota Pagaralam, Joni mengatakan, pihaknya sengaja mengajak dinas PU dan petugas pemadam kebakaran untuk ikut melakukan normalisasi SPAL yang ada dikawasan tersebut.

"Disini sering sekali terjadi banjir karena SPAL yang ada diduga tersumbat sampah. Akibatnya air masuk badan jalan dan menyebabkan jalan menjadi banjir," ujarnya.

Tidak hanya menyebabkan banjir air yang masuk kebadan jalan juga membawa sampah. Hal ini membuat sampah masuk kebadan jalan dan mengotori jalan saat hujan reda.

"Untuk itu sebelum musim hujann tiba kita mengantisipasi hal itu kembali terjadi dengan melakukan normalisasi SPAL dengan mengambil sampah yang ada didalam SPAL," jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas PU Kota Pagaralam, A Parliansyah mengatakan, pihaknya sangaja ikut dalam kegiatan tersebut. Hal itu untuk melihat langsung kondisi SPAL dikawasan tersebut.

"Kita ikut untuk melihat bangunan SPAL dan memastikan apa penyebab kawasan ini sering sekali terjadi banjir. Apakah bangunannya yang menjadi penyebab atau karena banyaknya sampah. Jika bangunannya menjadi penyebab banjir maka akan kita lakukan perbaikkan," jelasnya.(one)

Penulis: Wawan Septiawan
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved