Human Interest Story

Saat Wisudawan SUSS Kaget Kaesang Pangarep Putra Presiden RI, Dikenal Pendiam dan Berprestasi

Karena itu, pandangan mata pun tertuju kepada Kaesang ketika identitasnya sebagai anak Presiden Jokowi diungkap dalam upacara wisuda.

Saat Wisudawan SUSS Kaget Kaesang Pangarep Putra Presiden RI, Dikenal Pendiam dan Berprestasi
ISTIMEWA
Kaesang Pangarep 

PARA wisudawan Singapore University of Social Sciences (SUSS) dibuat terkejut saat tahu salah seorang wisudawan, Kaesang Pangarep ternyata putra bungsu Presiden RI Joko Widodo. Selama kuliah empat tahun, tak ada yang mengetahui Kaesang anak seorang presiden karena dianggap pendiam.

Kabar dengan cepat menyebar ketika ada salah satu mahasiswa yang membaca berita. Menyebutkan bahwa "putra Presiden Indonesia bersekolah di SUSS". Karena itu, pandangan mata pun tertuju kepada Kaesang ketika identitasnya sebagai anak Presiden Jokowi diungkap dalam upacara wisuda.

Dilansir Straits Times, Jokowi menghadiri wisuda di sela agenda Singapore-Indonesia Leaders' Retreat bersama Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. Selain Jokowi selaku orangtua, wisuda tersebut juga dihadiri oleh Presiden Singapura Halimah Yacob dan Menteri Pendidikan Ong Ye Kung.

Kaesang sempat mengunggah momen dirinya diwisuda di akun twitternya. Kaesang tampak memakai toga lengkap berwarna hitam dengan aksen merah dan biru di pundak. Tepuk tangan mengiringi detik-detik Kaesang naik ke atas panggung. Dia lalu bersalaman dan menerima ijazah. Kaesang lalu berpose sambil tersenyum ke arah hadirin. Kaesang tetap menyelipkan cuitan nyeleneh di cuitannya. “Itu adik saya,” tulis Kaesang.

Sementara itu sekitar 2.000 wisudawan SUSS baik sarjana atau tingkat di atasnya bakal menerima ijazah pada upacara yang digelar dalam lima sesi selama tiga hari ke depan. Kaesang yang lulus dari Jurusan Marketing dengan peminatan Komunikasi itu merupakan satu dari tiga wisudawan yang dianggap berprestasi di bidang wirausaha. Pemuda 24 tahun itu mendirikan enam bisnis, dengan yang terbaru adalah Ternakopi.

Startup pertamanya adalah Sang Javas yang menjual t-shirt. Kemudian selama berkuliah di SUSS, dia juga mendirikan Sang Pisang, aplikasi makanan Madhang.id, maupun permainan Hompimpagames. Kepada media selepas wisuda, dia menjelaskan menjadikan sang ayah serta kakaknya, Gibran Rakabuming, sebagai mentornya.

"Ayah saya pengusaha sebelum memasuki politik. Kakak saya juga pengusaha. Karena itu saya tertarik untuk memasuki dunia usaha," katanya.

Gibran diketahui juga pernah bersekolah di Singapura. Dia lulus dari Management Development Institute of Singapore pada 2007.

Kaesang mengatakan menjalani statusnya sebagai mahasiswa sembari mengurusi bisnisnya memberikan tantangan. Namun, dia menyebutkan jam kampus cukup fleksibel.

Media kemudian menanyakan apa yang bisa didapat pelajar Indonesia dari Singapura, Kaesang menjawab Negeri "Singa" dikenal karena kedisiplinannya. (kc)

Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved