Legasi Habibie

Eyang Habibie, begitu beliau sering minta untuk dipanggil, telah wafat.

Legasi Habibie
ist
Alip D. Pratama, MH

Legasi Habibie

Oleh: Alip D. Pratama, MH  

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Center for Democracy and Civilization Studies, CDCS

“Tuntutannya memang banyak. Apakah terhadap istri, anak atau anak buahnya. Dia ingin men­­capai setinggi-tingginya. Dia memberikan segalanya dan menuntut segalanya. Dia mem­­beri dan menuntut secara mutlak. Begitulah sifatnya. Itulah yang membuat hidupnya ti­dak mudah”.

“Tetapi ia juga memberi secara mutlak.Semua yang ada padanya diberikannya kepada anak­-istrinya. Semua impiannya, kepandaiannya, semangatnya, kemarahannya, kekece­wa­an­nya, perhatiannya, kesehatannya dan pengorbanannya.

Di dalam segala kehebatannya, ia sesungguhnya adalah pribadi yang peka. Ia butuh perhatian kami, pengertian kami, dan dukungan kami. Itu semua adalah segala-galanya. Itulah yang membuat segalanya ada gunanya.” (Ainun tentang Habibie, dalam buku ‘Testimoni Untuk BJ. Habibie)

Di tengah kegaduhan ruang publik mengenai beberapa isu strategis, seperti kabut asap yang melanda beberapa kota di indonesia, kemudian mengenai polemik revisi UU KPK yang se­cara tiba-tiba dilancarkan oleh DPR RI kepada Presiden Jokowi, menjelang beberapa pekan terakhir sebelum purnanya mandat anggota DPR RI periode 2014-2019 pada 1 Oktober  men­datang, hingga urusan stabilitas Papua yang masih mengganjal di hati, tiba-tiba datang kabar duka dari RSAD Gatot Subroto.

BJ Habibie dan prototype R80
BJ Habibie dan prototype R80 ()

Jalan panjangnya se­bagai seorang negarawan, teknokrat, hingga pahlawan nasional di republik ini, telah usai.

Ke­pergian beliau, seperti menggenapkan kesedihan negeri ini, setelah sebelumnya, Ibu Ani Yu­dhoyono, istri dari Presiden keenam kita, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, juga wafat.

Keruan saja ruang media sosial, media konvensional, disesaki oleh berita tentang ke­pu­langan Sang Jenius tersebut.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved