Mantan Servis Handphone Jual Robot Bisa Rp 15 Jutaan, Bahannya dari Limbah Rumah Tangga

Dari berbagai jenis limbah, pria di Palembang ini bisa menjadikannya robot. Ketika dijual, bisa mencapai Rp 15 juta.

Mantan Servis Handphone Jual Robot Bisa Rp 15 Jutaan, Bahannya dari Limbah Rumah Tangga
sripoku.com/rahmaliyah
Robot hasil karya Mumus dan Rekannya dengan menggunakan bahan-bahan limbah bekas pakai. 

Laporan wartawan sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Ketertarikan Mumus terhadap dunia elektronik mengantarkan dirinya menciptakan karya-karya berupa robot multifungsi.

Menariknya, robot ciptaan Mumus dan rekannya itu menggunakan bahan-bahan bekas alias limbah rumah tangga disekitar tempat tinggalnya.

Mumus menceritakan, awal mula ide tersebut muncul dari aktifitas kesehariannya sebagai seorang tukang service handphone.

Ia bereksperimen dibantu teman dekatnya dan berhasil menciptakan robot multifungsi, dengan masing-masing robot karyanya mengambil karakter dan nama hewan seperti Semut, Burung, Tarantula dll.

"Fungsinya beragam, kalo robot semut bisa ambil barang, burung untuk pemantauan fungsinya seperti drone tapi lebih bisa untuk penyamaran," ujarnya saat dijumpai dirumahnya, Senin (7/10/2019).

Ia mengaku, tidak pernah memiliki latar belakang pendidikan khusus bidang robotic. Dirinya dan rekan belajar secara otodidak dan mengembangkannya dari materi-materi soal perakitan dari mesin pencari.

Namun, soal karya ciptaan baik Robot Spider Musi, Robot Biotic, Robot Ant Musi, dan Robot Cat Musi semua bahan eksternal untuk tampilan diambil dari bahan bekas seperti bekas ember plastik, botol bekas dll.

Hanya ada beberapa yang harus dibeli online dan dipesan dari luar negeri.

"Untuk perangkat internal ada yang impor, tapi untuk body kita lebih manfaatkan barang bekas. Untuk alat kontrol robot itupun kami gunakan joystick PS yang harganya kisaran Rp 70 ribuan," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Rahmaliyah
Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved