Berita OKU

Bidan se-Kabupaten OKU Antusias Ikuti Seminar Sehari Bersama Nara Sumber dr OZ Indonesia

Bidan se-Kabupaten OKU antusias mengikuti seminar sehari dengan nara sumber Dr Boy Abidin SpOG (K) atau yang lebih populer disapa dr OZ Indonesia.

Bidan se-Kabupaten OKU Antusias Ikuti Seminar Sehari Bersama Nara Sumber dr OZ Indonesia
SRIPOKU.COM/LENI JUWITA
Bupati OKU Drs H Kuryana Aziz foto bersama pengurus IBI OKU pada HUT ke-68 IBI di Gedung Kesenian Baturaja. 

Laporan wartawan sripoku.com, Leni Juwita

SRIPOKU.COM.BATURAJA - Bidan se-Kabupaten OKU  antusias mengikuti seminar sehari dengan nara sumber Dr Boy Abidin SpOG (K) atau yang lebih populer disapa dr OZ Indonesia.

Ketua PC Ikatan Bidan Indonesia atau IBI Kabupaten OKU,  Julin Nikmah SST Mkes kepada Sripoku.Com Kamis (3/10/2019) menjelaskan, seminar sehari  dengan menghadirkan nara sumber yang cukup terkenal ini dalam rangka HUT ke-68 IBI dan Hari Bidan Iternasional (International Date of The Midwife) tahun 2019.

Ketua IBI OKU didampingi Sekretaris IBI OKU Dina Fatmawati mengatakan Ikatan Bidan Indonesia adalah satu-satunya organisasi profesi kesehatan yang semua anggotanya perempuan.

Jumlah  bidan sebanyak 950 orang  yang tersebar diberbagai tatanan peayanan kesehatan baik itu institusi pemerintah, swasta maupun BPM.

Dari jumlah itu statsus kepegawaiannya PNS sebanyak 300 orang, PTT sebanyak 294 orang  dan 400 orang berstatus sebagai TKS, magang dan swasta. Serta 17 orang berstatus dosen.   

Dalam rangka Menjaga kompetensi anggota untuk memberikan pelayanan kebidanan berkualitas, IBI melaksanakan re-registrasi STR.

Hal itu merupakan amanat UU 36/2014 tentang tenaga kesehatan. Bidan memiliki peran yang besar untuk mengawal kesehatan calon generasi bangsa.

Daihatsu Terios Tabrak Kios Tampal Ban di Jalintim OKI, Kios Hangus dan Satu Orang Alami Luka Bakar

Kasus Perkelahian Anggota DPRD Lahat, Arry tidak terima Ada Orang Luar yang Melakukan Pemukulan

Kronologi Babi Hutan Serang Istrianti Hingga Tewas di Desa Ciptodadi 1 Kabupaten Musi Rawas

Sesuai dengan tema HUT ke-68 IBI “Bidan Melindungi hak kesehatan reproduksi melalui pemberdayaan perempuan dan optimalisasi pelayanan kebidanan".

“selama masih ada siklus kehidupan, profesi bidan dibutuhkan sesuai  dengan Permenkes No.38 th 2017 tentang izin penyelenggaraan praktek bidan, bidan diberi kewenangan mulai dari masa pelayanan KB ibu, pelayanan kesehatan anak dan pelayanan kesehatan reproduksi  perempuan dan KB.

Sedangkan Ketua Panitia HUT IBI, Rahma Kurniati SKM melaporkan, seminar dengan narasumber Dr Boy Abidin SpOG (K) dengan tema “ Pola hidup sehat selama kehamilan mencegah komplikasi kehamilan dan persalinan”.

Tujuan kegiatan untuk penguatan profesi dan organisasi dalam meningkatkan  kualitas anggota IBI serta memantapkan IBI sebagai organisasi profesi bidan yang handal. Peserta  seminar terdiri dari anggota IBI dan mahasiswa kebidanan yang ada di Baturaja.

Bupati OKU Drs Kuryana Azis mengatakan, pihaknya memberi apresiasi kepada IBI OKU yang sudah menyelenggarakan seminar dengan menghadirkan nara sumber  dr Boy Abidin SpOG (K) dari Jakarta.

Dikatakan bupati, kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para bidan untuk menambah pengetahuan dan wawasan  dari dr Boy Abidin SpOG (K).

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada para bidan yang sudah memiliki komitmen kuat mengemban  peran yang besar untuk mengawal kesehatan calon generasi bangsa khususnya Kabupaten OKU. (eni) 

Penulis: Leni Juwita
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved