Human Interest Story

Sosialisasikan Gemar Makan Ikan: Kaya Nutrisi Harga Terjangkau

Di Kabupaten OKU ikan segar begitu mudah didapatkan dan rasanya yang lezat, kaya nutrisi serta harganya pun terjangkau.

Sosialisasikan Gemar Makan Ikan: Kaya Nutrisi Harga Terjangkau
SRIPOKU.COM /LENI JUWITA
Suasana sosialisasikan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN). 

IKAN merupakan makanan yang rendah kalori serta memiliki kandungan protein dan omega 3 yang tinggi, sehingga ikan menjadi makanan yang sangat baik untuk dikomsumsi setiap hari. Di Kabupaten OKU ikan segar begitu mudah didapatkan dan rasanya yang lezat, kaya nutrisi serta harganya pun terjangkau sehingga ikan dapat menjadi rekomendasi menu harian yang tepat untuk anda dan keluarga. Hal ini terungkap dalam sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang dilakukan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU, Kamis (26/9/2019) di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) OKU.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perikanan OKU Faida Hanim SPi, MSi menyampaikan, Sosialisasi Gemarikan merupakan program nasional Kementerian Kalutan dan Perikanan Republik Indonesia sejak 2006. Gerakan moral ini memotivasi masyarakat agar mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah tepat agar terbentuk manusia Indonesia yang cerdas sehat dan kuat. Peserta sosialisasi berjumlah 120 pelajar SD berasal dari 12 sekolah dengan masing-masing satu guru pendamping.

Pelajar ini akan dijadikan Duta Sahabat Gemarikan untuk gemar mengkonsumsi ikan kepada pelajar lainya. Peserta lainnya adalah pengurus Forum Peningkatan dan Konsumsi Ikan (Forikan), pelaku usaha produk olahan ikan, dan Tim Pokja III PKK dan Sekretaris TP PKK.

Kadin Perikanan dan Peternakan OKU Ir Hj Tri Aprianingsih saat membuka acara mengatakan, kegiatan yang dilakukan sebagai bagian penting sosialisasi makanan bergizi dan berkualitas dalam hal ini protein hewani yang bersumber dari ikan. Berikut manfaat mengkonsumsi ikan setiap hari:

1. Meningkatkan kecerdasan otak pada anak, otak salah satu organ yang membutuhkan banyak nutrisi, apalagi anak-anak yang sedang dalam fase pertumbuhan, dengan mengkonsumsi ikan setiap hari dapat membantu meningkatkan kecerdasan pada anak serta meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

2. Mencegah demensia. Demensia merupakan sindrom dari penurunan fungsi otak seperti ingatan berkurang atau mudah lupa, menurunnya kemampuan berfikir, menurunnya kecerdasan otak. Mengkonsumsi ikan yang kaya akan nutrisi secara teratur dapat membantu mencegah demensia, memperbaiki mood dan mencegah depresi.

3. Mengatasi penyakit kanker. Rajin mengkonsumsi ikan segar dapat membantu menghalangi tumbuhnya sel-sel kanker seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker ovarium, kanker kulit, dan kanker yang menyerang bagian pencernaan, karena kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi pada ikan salah satunya manfaat ikan salmon chum yang dapat mencegah penyakit kanker.

4. Menyehatkan jantung. Manfaat Omega 3 untuk kesehatan jantung yang banyak terdapat dalam ikan dapat membantu mencegah terjadinya pembekuan darah dalam dinding arteri yang akan menimbulkanserangan jantung, sehingga dengan rutin mengkonsumsi ikan jantung anda menjadi lebih sehat.

5. Membantu menyehatkan persendian. Sakit persendian menyebabkan ketidak nyamanan dan ruang gerak anda terganggu , dengan mengkonsumsi ikan dapat membantu mengurangi sakit sendi dan peradangan sendi yang disebabkan oleh rheumatoid arthritis, karena kandungan asam lemak omega 3 dalam minyak ikan memiliki sifat anti inflamasi.

6. Menyehatkan mata. Kandungan nutrisi pada ikan seperti manfaat ikan tawes dapat membantu menyehatkan mata karena dapat meningkatkan daya penglihatan serta membantu pertumbuhan syaraf pada retina mata, serta dapat membantu menurunkan sindrom mata kering.

7. Membantu kesehatan janin pada ibu hamil. Mengkonsumsi ikan segar sangat dianjurkan untuk ibu hamil karena dapat membantu pertumbuhan otak dan kecerdasan pada bayi serta dapat membantu menghindari kelahiran bayi prematur

8. Menyehatkan kulit. Mengkonsumsi ikan dapat membantu menyehatkan kulit, menjaga kulit dari paparan sinar ultra violet, dan omega 3 pada minyak ikan dapat membantu menunda penuaan.

9. Menurunkan berat badan. Minyak ikan dapat membantu mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh, salah satunya manfaat ikan senangin yang dapat membantu berat badan anda tetap idal, sehingga sangat baik jika dipadukan untuk menu diet anda.

10. Menjaga Imun tubuh. Kandungan protein yang tinggi dalam ikan segar seperti manfaat ikan pari dapat membantu menjaga imun/kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. (eni)

Penulis: Leni Juwita
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved