Suku Anak Dalam Nyoblos Pilkades

Mereka hidup dalam satu kelompok, tepatnya di Dusun 7 Desa Sungai Jernih, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara.

Suku Anak Dalam Nyoblos Pilkades
TRIBUN SUMSEL/RAHMAT AIZULLAH
Salah satu warga Suku Anak Dalam ikut serta memilih kepala desa di Desa Sungai Jernih, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara, Rabu (25/9/2019). 

MURATARA, SRIPO -- Suku Anak Dalam di Desa Sungai Jernih, Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) ikut serta memilih kepala desa (Kades), Rabu (25/9/2019). Desa Sungai Jernih adalah salah satu desa yang melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2019 di Kabupaten Muratara.

Desa tersebut merupakan salah satu tempat bermukimnya kelompok Komunitas Adat Terpencil (KAT) Suku Anak Dalam.

Mereka hidup dalam satu kelompok, tepatnya di Dusun 7 Desa Sungai Jernih, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara.

"Semuanya ada 157 Suku Anak Dalam yang ikut memilih," kata Kepala Dusun 7 Desa Sungai Jernih, Syahril.

Ia mengatakan, sebanyak 157 Suku Anak Dalam yang ikut memilih tersebut adalah warga yang beralamat asli di Desa Sungai Jernih.

Beberapa di antaranya adalah Suku Anak Dalam yang berpindah-pindah mencari penghidupan di hutan, namun berasal dari Desa Sungai Jernih.

"Mereka yang memilih ini asli sini dan ada juga dari hutan, pindah-pindah, tapi mereka asli warga sini (Desa Sungai Jernih)," kata Syahril.

Suku Anak Dalam yang berada di hutan diminta pulang untuk ikut serta menggunakan hak pilihnya pada pesta demokrasi Pilkades Sungai Jernih.

"Yang di hutan kami suruh pulang, ada yang berburu, ada yang berondolan mencari buah sawit, kami suruh pulang semua," ujar dia.

Bahkan Suku Anak Dalam di hutan tidak hanya diminta pulang saat Pilkades saja, tetapi juga saat ada hal-hal penting di desa asalnya.

Halaman
12
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved