Berita OKU Timur

Bupati OKU Timur Janji akan Bantu Peralatan dan Modal kepada Petani untuk Kembangkan Tanaman

Bupati OKU Timur Janji akan Bantu Peralatan dan Modal kepada Petani untuk Kembangkan Tanaman

Bupati OKU Timur Janji akan Bantu Peralatan dan Modal kepada Petani untuk Kembangkan Tanaman
SRIPOKU.COM/EVAN HENDRA
Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat melakukan panen cabai bersama di lahan tidur yang dimanfaatkan untuk menanam cabai, Kamis (26/9/2019). 

Bupati OKU Timur Janji akan Bantu Peralatan dan Modal kepada Petani untuk Kembangkan Tanaman

Laporan wartawan Sripoku.com, Evan Hendra

SRIPOKU.COM, MARTAPURA - Untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten OKU Timur, pemerintah akan memberikan bantuan sejumlah peralatan pertanian terhadap para petani sehingga masyarakat bisa mengembangkan tanaman yang berpotensi untuk menambah penghasilan masyarakat, selain menggarap lahan sawah.

"Melalui dinas terkait kita akan memberikan bantuan-bantuan kepada petani untuk membantu mengembangkan tanaman yang berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat," ujar Bupati OKU Timur, HM Kholid MD, Kamis (26/9/2019).

Menurut Kholid, saat ini banyak lahan pertanian yang bisa dijadikan percontohan bagi petani lainnya seperti tanaman semangka, cabai, bawang serta tanaman pertanian lainnya yang berhasil meskipun pada saat musim kemarau dengan memanfaatkan lahan tidur atau lahan sawah yang kekeringan saat musim kemarau.

"Sedangkan untuk tata cara perawatan, pola tanam dan pemilihan bibit yang baik, kita akan minta kepada penyuluh pertanian dan petani yang telah berhasil untuk memberikan ilmunya kepada petani lainnya, sehingga petani lain juga bisa berhasil," katanya.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD Turun Langsung Ikut memadamkan Api di Lokasi

Mulan Jameela Dikabarkan Gugat Cerai Ahmad Dhani Setelah Dapat Kursi DPR RI, Fakta Lama Terungkap!

3 Fakta Sensasional Bebby Fey, Tuduh Atta Halilintar Lecehkan Dirinya hingga Diperkosa Genderuwo!

Cerita Lengkap Asmara Prada DP Pelaku Pembunuh & Mutilasi Vera Oktaria, Muncul Wanita Bernama Serli

Bukan hanya peralatan pertanian dan metode serta ilmu pertanian, pemerintah juga akan memberikan bantuan berupa permodalan terhadap petani dengan cara menyalurkannya melalui koperasi masing-masing petani di daerahnya agar terlebih dahulu melihat potensi tanaman yang bisa menguntungkan untuk kemudian membentuk koperasi sehingga pemerintah bisa menyalurkan bantuan modal.

"Seperti untuk petani cabai agar membentuk koperasi petani cabai. Petani singkong, petani semangka serta petani lainnya agar membuat koperasi sehingga permodalan yang nantinya akan bekerjasama dengan Bank SumselBabel bisa dikucurkan," jelasnya.

Sementara untuk kebutuhan bibit, pupuk dan pestisida bisa melalui koperasi yang dibentuk dan dikelola oleh gabungan petani.

Penulis: Evan Hendra
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved