Human Interest Story

Ketimbang Nuduh Mending Berbagi Masker

Ketimbang menuduh siapa pihak yang salah, mereka sepakat berbuat sesuatu yang lebih bermanfaat, yakni membagi-bagikan masker.

Ketimbang Nuduh Mending Berbagi Masker
Kompas.com
Masker N95 

KABUT asap yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan yang tengah melandan Palembang dan Sumsel turut menjadi perhatian sejumlah komunitas roda dua (R2). Ketimbang menuduh siapa pihak yang salah, mereka sepakat berbuat sesuatu yang lebih bermanfaat, yakni membagi-bagikan masker.

Ketua DPW Kombatpol Sumsel, Jumlias, mengatakan kegiatan yang ini dilakukan oleh KOMBATPOL Sumsel bekerja sama dengan MBI chapter Palembang. Namun, keduanya juga didukung oleh DKM Masjid Bakti, KPMI, KIPS, MBC, AlGhuroba, Radio Rodja Darussalam Palembang, dan Pertariders.

Pembagian masker dimulai sejak hari Jumat 20 September 2019, yang secara simbolis diberikan kepada Polsek Sukarami, Camat Sukarami, serta beberapa kelurahan melalui kecamatan. Pada hari itu, masker dibagikan juga ke anak TK dan Pondok Pesantren yang ada di Talang Jambi Sukarami Palembang.

"Pembagian masker berlanjut sampai hari Minggu, 22 September 2019. Anak muda dari kalangan beberapa komunitas terlihat begitu semangat dalam membantu saudaranya yang sedang berkendaraan terutama roda dua yang belum pakai masker," kata Jumlias, Selasa (24/9).

Tak hanya itu, komunitas anak muda yang berciri khas jenggot dan celana cingrang ini juga meringsek masuk ke dalam mall-mall. Bukannya berbelanja, tetapi tetap dengan tujuan awal, yakni membagikan masker.

"Semoga dengan saling berbuat baik kepada sesama manusia, Allah akan menurunkan rahmatNya berupa hujan," kata Jumlias.

Jumlias mengatakan, pihaknya awalnya berniat membagikan 5000 masker. Namun, begitu menjelang hari H, masker yang terkumpul jumlahnya 12 ribu. Masker inilah yang kemudian dibagikan ke Masjid-masjid, ke pengendara di simpang lampu merah, hingga ke dalam mall.

"Semua ini bisa dilaksanakan karena ada dukungan dari beberapa donatur. Kita mengucapkan terima kasih kepada Kapolsek Sukarami, Koramil Sukarami serta Bapak Camat Sukarami Palembang dan semua muhsinin yang terlibat acara baik secara materil maupun moril," kata Jumlias.

Ketua MBI, M.Hafiz Tafdhil, melalui Waketum MBI, Sobirin, mengatakan saat musibah seperti ini, alangkah baiknya tidak mencari siapa yang salah. Lebih bermanfaatn, mari melakukan sesuatu yang bisa dilakukan untuk membantu masyarakat menghadapi bencana kabut asap.

Budy, perwakilan Pertariders, mengatakan bahwa kedepan akan terus bersinergi dengan komunitas dakwah untuk mengadakan kegiatan-kegiatan baksos secara rutin. (haris)

Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved