74 Persen Produk Plastik Sehari-hari Mengandung Zat Beracun

Hampir semua orang tahu bahwa penggunaan plastik yang tidak bertanggung jawab mencemari planet Bumi. Namun, tahukah Anda bahwa menggunakan plastik jug

74 Persen Produk Plastik Sehari-hari Mengandung Zat Beracun
mengandung BPA via www.arah.com
Ilustrasi - Bahwa dari 74 persen dari barang-barang plastik mengandung bahan kimia beracun. 

SRIPOKU.COM - Hampir semua orang tahu bahwa penggunaan plastik yang tidak bertanggung jawab mencemari planet Bumi. Namun, tahukah Anda bahwa menggunakan plastik juga berpotensi meracuni tubuh Anda sendiri?

Dilansir dari Mother Nature Network, 19 September 2019, sekelompok peneliti dari Norwegia mempelajari 34 barang plastik yang biasa digunakan sehari-hari, seperti wadah yogurt hingga spons mandi.

Wajib Tahu! Arti Nomor di Balik Kemasan Plastik, Perhatikan Kode dan Bahaya-Bahaya Bagi Pengguna

Bahaya Di Balik Kemasan Plastik

Mereka menemukan bahwa dari 74 persen dari barang-barang plastik tersebut mengandung bahan kimia beracun.

"Masalahnya adalah plastik itu terbuat dari koktail kimia yang kompleks, jadi kita sering tidak tahu persis zat apa yang ada dalam produk yang kita gunakan. Bahkan sebagian besar dari ribuan bahan kimia belum ada cara untuk diketahui apakah aman atau tidak," kata rekan penulis Martin Wagner, ahli biologi di Norwegian University of Science and Technology.

"Ini karena, secara praktis, tidak mungkin untuk melacak semua senyawa ini. Dan produsen mungkin ada saja yang tidak tahu bahan-bahan dari produk (plastik) yang mereka buat, tetapi bahkan jika mereka tahu, mereka tidak diharuskan untuk mengungkapkan informasi ini," imbuhnya.

Tidak mudah untuk mengisolasi bahan kimia atau plastik tertentu, karena ada lebih dari 5.000 jenis plastik dengan ribuan jenis bahan kimia yang digunakan untuk membuatnya

Dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal Environmental Science and Technology, para peneliti menemukan lebih dari 1.400 zat kimia yang terkandung dalam plastik, namun hanya 260 saja yang baru bisa diidentifikasi.

Dari jumlah yang kecil itu, 60 persen produk plastik ditemukan mengandung zat beracun dan 40 persen mengandung zat oksidatif yang dicurigai terkait dengan kanker, diabetes dan penyakit jantung. Sementara 30 persen lainnya bisa menyebabkan gangguan endokrin.

Di antara semua jenis plastik yang mereka pelajari, dua yang ditemukan mengandung bahan kimia paling berbahaya adalah polivinil klorida (PVC) dan poliuretan (PUR). Tingkat toksisitas keduanya bahkan lebih tinggi dari polietilen tereftakat (PET) dan polietilen densitas tinggi (HDPE).

Meski demikian, tingkat beracun plastik yang para peneliti temukan belum tentu sama dengan risiko bahaya yang dialami oleh masyarakat awam dalam kehidupan sehari-hari.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved