Laporan Eksklusif

10 Oktober Jokowi Resmikan Tol Terbanggi Besar-Kayuagung

Saat ini pengujian struktur jalan tol masih terus berlangsung dengan progres pekerjaan mencapai 97 persen.

10 Oktober Jokowi Resmikan Tol Terbanggi Besar-Kayuagung
SRIPO/SYAHRUL HIDAYAT
Kendaraan pribadi dan sepeda motor melewati jalan tol Kapaltung di KM 354 dari arah Palembang menuju Kota Kayuagung, Selasa (17/9/2019). Banyaknya kendaraan nonproyek memasuki jalan tol ini membahayakan pekerja maupun pengendara. Larangan di setiap pintu masuk diabaikan pengendara demi mencapai waktu cepat ke Kayuagung. 

PALEMBANG, SRIPO -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bakal meresmikan langsung tol Terbanggi Besar-Kayuagung yang merupakan bagian dari ruas Tol Trans Sumatera, pada 10 Oktober 2019 mendatang.

Kepala Cabang PT HK Tol ruas Terbanggi Besar–Kayu Agung, Yoni Satyo, mengungkapkan jalan tol yang menghubungkan Lampung dan Sumsel itu rencananya akan diresmikan oleh Jokowi. Namun teknis peresmian sampai saat ini masih digodok oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Sesuai rencana pada 10 Oktober Presiden Jokowi akan meresmikan langsung tol Terbanggi Besar-Kayuagung," ujarnya, Senin (23/9).

Ia menjelaskan, saat ini pengujian struktur jalan tol masih terus berlangsung dengan progres pekerjaan mencapai 97 persen. Pengujian untuk layak operasional dan layak fungsi ini nantinya akan dilakukan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Selain itu juga masih ada perbaikan di beberapa titik, tapi secara umum ruas tol sepanjang 187 kilometer diklaim sudah selesai. Terkait dengan perlengkapan jalan tol, untuk rest area utama sudah rampung dikerjakan.

"Untuk rest area lainnya sifatnya masih darurat hingga Desember 2019," tegas Yoni.

Yoni menyebut, segera beroperasinya jalan tol ruas Terbanggi Besar – Kayuagung maka akan memangkas waktu tempuh Bakauheni–Palembang. Jika biasanya waktu tempuh mencapai 10-12 jam, melalui jalan lintas Sumatera, maka dengan adanya jalan tol waktu tempuh hanya sekitar 4-5 jam.

"Sebelumnya Palembang-Lampung via jalur darat memakan waktu sampai 12 jam, kalau jalan tol selesai jarak tempuh hanya 4 jam saja," jelasnya. (oca)

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved