Warga Senang Sirkuit Skyland Kembali Bersuara

Raungan knalpot sepeda motor dari Rider yang mengikuti kejuaraan nasional (kejurnas) Motoprix Region Sumatera 2019 menandakan dimulainya event balap m

Warga Senang Sirkuit Skyland Kembali Bersuara
SRIPOKU.COM/CHANDRA OKTA
Ilustrasi - Para peserta Indoprix Seri II Sekayu sedang menguji sirkuit Skyland. 

SRIPOKU.COM, SEKAYU - Raungan knalpot sepeda motor dari Rider yang mengikuti kejuaraan nasional (kejurnas) Motoprix Region Sumatera 2019 menandakan dimulainya event balap motor di Sirkuit Internasional Skyland Kabupaten Musi Banyuasin, Minggu (22/9/19). Tercatat, ada 174 pembalap dari region Sumatera yang mengaspal di 12 kelas yang dipertandingkan.

Warga pun senang, karena sirkuit Skyland kembali bersuara setelah sempat mati pasca ditinggal H Alex Noerdin semasa menjabat bupati beberapa waktu lalu.

Muba Prix 2015 Dimulai Besok di Sirkuit Skyland Sekayu

38 Tim Balap Siap Memacu Kendaraannya di Sirkuit Skyland

Warga bersyukur, Bupati Muba H Dodi Reza, sebagai putra Ir Alex Noerdin kembali meneruskan kegiatan di sirkuit Skyland karena bagi warga Muba, khususnya Sekayu kegiatan balap motor menjadi sarana hiburan dan mendongkrat ekonomi masyarakat. Seperti diketahui, Gelaran Kejurnas Motoprix ini merupakan kali kedua digelar oleh Bupati Muba Dodi Reza Alex melaluiyang bekerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI). Even balap motor tersebut mendapat pesan positif dariribuan warga dan pebalap di Sumsel, terbukti tribun sirkuit yang dijuluki sirkuit mini Catalunya tersebut ramai oleh penonton.

"Sikurit Skyland satu-satunya sirkuit permanen setelah sirkuit Sentul yang biasa melaksanakan event otomotif, dan sirkuit Skyland akan menjadi saksi mencetak pebalap-pebalap Indonesia yang mampu berprestasi di kancah nasional maupun internasional," kata Dodi.

Sirkuit yang dibangun di era mantan Bupati Muba dua periode Alex Noerdin tersebut, Dodi menyebutkan akan terus rutin menggelar event skala nasional maupun internasional."Insya Allah kegiatan ini akan menjadi salah satu agenda rutin bagi kalangan industri penggiat otomotif. Kalau ini berjalan sukses, maka tahun depan Skyland akan gelar kejurnas One Prix 2020," ungkapnya.

Lanjutnya, Pemkab Muba juga akan prioritas terhadap pembinaan atlet-atlet pebalap asal Muba yang diharapkan dapat meraih prestasi dan bertengger di kejuaraan internasional. "Kita juga akan membentukPusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD)khusus otomotif pada tahun depan, sehingga bibit yang berasal dari Muba bisa terus menunjukkan kehebatannya. Kita berharapsirkuit Skyland ke depan bisa menjadi Home Base atau sirkuit induk bagi pembalap nasional dari Sumatera Selatan," harapnya.

Kemudian, Dodi mengungkapkan Pemkab Muba akan terus support kepada pecinta olahraga di Indonesia terutama di Sumsel."Manfaatkan event ini sebaik-baiknya, banyak even-even besar yang akan kita laksanakan. PemkabMuba akan gandeng sponsor event yang profesional demi pelaksanaan event yang sukses,"jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Haristian SE, mengatakan Kejurnas Motoprix region Sumaters dimulai sejak Sabtu 21 September 2019. "Jadi kejurnas di sirkuit Skyland ini merupakan final dari Region Sumatera. Kegiatan ini dapat terlaksana berkat kerjasama perangkat daerah terkait dan kepanitiaan serta didukung penuh oleh pak Bupati Muba Dodi Reza," ungkapnya.

Lanjutnya, memasuki final race dengan jumlah 174 starter, terdiri 3 kategori dan 9 kelas suporting. Peserta diikuti seluruh provinsi Sumatera, Riau dan Bangka Belitung. Tergabung dalam region A kejurnas Motoprix. Disinilah akan timbulnya juara region di masing-masing kategori.

"Kami apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemkab Muba dan pak Bupati Dodi Reza dalam support balap motor ini dan hanya di Kabupaten Muba Bupati memberikan tontotan gratis bagi warganya," terangnya.

Ichan menambahkan, sirkuit Skyland merupakan sirkuit terbaik yang pernah ada dan akan menjadi saksi sejarah dari tempat munculnya bibit-bibit atlet pebalap yang mampu meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional."Kami sangat takjub dengan keberadaan sirkuit Skyland ini. Meski berada di Kabupaten, tapi punya rasa sirkuit internasional,"ungkapnya. (dho)

Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved