Tidak Adanya Kereta Pengganti Menjadi Alasan tidak Beroperasinya Kereta Kertapati-Inderalaya

Tidak Adanya Kereta Pengganti Menjadi Alasan tidak Beroperasinya Kereta Kertapati-Inderalaya

Tidak Adanya Kereta Pengganti Menjadi Alasan tidak Beroperasinya Kereta Kertapati-Inderalaya
Sripo/rahma
Kepala UPTD Penyeberangan Tanjung Api-Api dan Indralaya, Arizani, 

 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Tidak adanya kereta pengganti menjadi alasan tidak beroperasinya kereta Kertapati-Inderalaya selama ini. Kereta yang melayani masyarakat khususnya mahasiswa UNSRI tersebut nyatanya masih dalam perawatan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI).

"karena keretanya cuman satu sedangkan ini lagi turun mesin jadi gak ada ganti," ujar Kepala UPTD Penyeberangan Tanjung Api-Api dan Indralaya, Arizani, Minggu (22/9/2019)

Ia mengungkapkan diperkirakan masa perawatan menyeluruh tersebut dapat selesai dalam Minggu ini. Perbaikan sendiri sudah dilakukan selama sebulan terakhir.

"Jadi bukan tidak beroperasi tapi lagi maintenance, sudah saatnya setelah 10 tahun beroperasi harus turun mesin. Informasi teknisi, maintenance selesai dalam Minggu Minggu ini," tegasnya.

Lanjut Arizani, setiap Kertalaya tidak beroperasi, selalu diadakan bus pengganti. Kedepannya untuk mengatasi situasi seperti saat ini, rencananya akan disediakan lagi tambahan kereta dengan rute yang sama, sehingga jika harus kembali dilakukan perawatan maka trainset yang lain dapat beroperasi.

"Ini saya mau rapat terakhir ke Jakarta tentang perawatan KA Kertalaya, sedang dilakukan uji coba kereta ringan yg hampir mirip LRT untuk menambah cadangan," ujarnya.

Seperti yang diketahui keberadaan Kertalaya ditujukan terutama melayani mahasiswa, namun masyarakat yang ada tetap diperbolehkan menaiki kereta itu. Dengan jarak tempuh 40 menit dan tarif 3000 rupiah yang sudah tersubsidi.

"Kita berharap nanti ada penambahan panjang rel agar operasional lebih maksimal," ujarnya. (Cr26) 

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved