75 Caleg Terpilih belum Terima SK; Masih Dijemput ke Kemendagri, Undangan Pelantikan Sudah Disebar

75 caleg terpilih bakal diambil sumpah jabatannya oleh Pengadilan Tinggi di ruang Paripurna DPRD Sumsel, Selasa (24/9) pukul 14.00 nanti. Namun, sampa

75 Caleg Terpilih belum Terima SK; Masih Dijemput ke Kemendagri, Undangan Pelantikan Sudah Disebar
ISTIMEWA
Ilustrasi

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - 75 caleg terpilih bakal diambil sumpah jabatannya oleh Pengadilan Tinggi di ruang Paripurna DPRD Sumsel, Selasa (24/9) pukul 14.00 nanti. Namun, sampai Jumat (20/9), SK untuk ke 75 caleg belum diterima.

Sekretaris DPRD Sumsel, H Ramadhan SB SH MM, mengatakan pihak Setwan DPRD Sumsel sudah mulai menyebar undangan, meski SK untuk 75 calon anggota dewan yang terhormat ini sedang dijemput di Kemendagri RI, Jakarta.

Segera Dilantik Akhir September, Berikut Daftar Nama-nama 75 Anggota DPRD Sumsel Periode 2019-2024!

Beginilah Daftar Gaji dan Tunjuangan DPRD Sumsel, Bisa Beli Mobil Mewah Tiap Tahun

"Saat ini Kasubag Persidangan A Rasyid masih menunggu di sana. Sekitar jam 3-4 ini kemungkinan SK tersebut akan diterima," kata Ramadhan.

Ramadhan melanjutkan, semua nama yang diajukan Parpol dan KPU itulah diajukan. Termasuk yang meninggal dunia, Hasbullah dari PDIP, sudah digantikan nama Ibu Sumiati Kamal.

Untungnya, dikatakannya, pelantikan ini setelah musim haji. Jadi tidak ada yang berhalangan seperti lima tahun yang lalu H Surip Januarto tidak bisa hadir.

Sekwan yang akrab disapa Kiyai Odon ini mengaku untuk SK Pimpinan Dewan Sementara hingga kini belum disampaikan parpol yang bersangkutan dalam hal ini Golkar dan PDIP. Padahal dari Setwan sudah melayangkan surat sejak 5 September 2019.

"Sekarang sudah tanggal 20 September. Artinya sudah 15 hari yang lalu kita layangkan untuk memberikan nama yang ditunjuk," kata Kiyai Odon.

Menurut Sekwan, setelah nantinya pelantikan 75 anggota dewan dan telah ada pimpinan dewan sementara. Keesokan harinya tanggal 25 September 2019, Setwan akan melayangkan surat ke DPP Parpol yang bersangkutan dengan tembusan DPD Parpol untuk menyerahkan nama yang diusulkan pimpinan dewan dedinitif.

"Setelah dari Golkar, PDIP, Gerindra, Demokrat menyerahkan nama pimpinan dewan definitif, barulah akan dilantik Pengadilan Tinggi. Misalnya tanggal 26 September surat itu dihawab DPP Parpol, maka Pimpinan Dewan sementara dan Sekwan akan menyerahkan langsung ke Mendagri, Jakarta untuk penetapan sebagai Ketua dan para Wakil Ketua DPRD Sumsel," jelas Ramadhan. (fiz)

SRIPOKU.COM

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved