Jangan Salah, Ban RFT Juga Bisa Pecah

Kejadian pecah ban saat kendaraan melaju di jalur bebas hambatan bisa berdampak sangat fatal. Kondisi serupa juga bisa terjadi pada mobil-mobil yang s

Jangan Salah, Ban RFT Juga Bisa Pecah
http://www.modifikasi.com/
Ilustrasi - Ban RFT. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Kejadian pecah ban saat kendaraan melaju di jalur bebas hambatan bisa berdampak sangat fatal. Kondisi serupa juga bisa terjadi pada mobil-mobil yang saat ini lebih memilih meninggalkan ban serep dan menggunakan teknologi Run Flat Tire (RFT).

RFT merupakan ban yang tahan digunakan meski sudah bocor. Mobil tetap bisa melaju dalam kecepatan dan jarak tertentu meski ban dalam keadaan kempis atau pun bocor.

Ban Pecah karena Lubang di jalan Ahmad Yani Palembang

Ban Pecah Truk Batubara Terbalik

Sehingga, pengendara bisa membawa mobilnya ke bengkel terdekat untuk mengganti ban atau membawanya ke tempat yang lebih aman.

Mulyana, Consumer Product Planning Manager Bridgestone Indonesia, mengatakan, bahwa pada dasarnya semua ban bisa mengalami pecah ban. Namun, ban RFT dirancang untuk menghindari risiko setelah ban mengalami kehilangan angin secara mendadak.

"Lebih spesifik pada kondisi kerusakan seperti angin hilang secara mendadak akibat ban robek atau tertusuk benda tajam yang ekstrim, maka bagian samping ban (sidewall) akan mengalami kerusakan," ujar Mulyana, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Mulyana menambahkan, ban RFT tetap bisa pecah akibat mengalami tumbukan ekstrem terlebih dahulu. Misalnya, dengan pembatas jalan atau mengenai benda tajam atau tumpul. Juga ketika diajak melaju di atas kecepatan anjuran pabrikan, juga bisa pecan.

Penulis: Donny Dwisatryo Priyantoro

Like Facebook Sriwijaya Post Ya...

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs https://otomotif.kompas.com/ dengan Judul:
Jangan Salah, Ban RFT Juga Bisa Pecah

Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved