Berita banyuasin

Tak Perlu Lagi Ke Kabupaten, Warga Yang Mau Buat KTP Cukup Datang Ke UPTD Kecamatan

Askolani berharap dengan adanya UPTD setiap kecamatan, tidak ada lagi warga yang tidak memiliki identitas diri, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Kelu

Tak Perlu Lagi Ke Kabupaten, Warga Yang Mau Buat KTP Cukup Datang Ke UPTD Kecamatan
SRIPOKU.COM/MAT BODOK
Bupati Banyuasin H Askolani SH didampingi Ketua TP PKK dr Sri Fitriyanti Askolani dan Wabup H Slamet dan Kadisdukcapil H Saukani SE MM membuka tirai tanda dimulainya pelayanan UPTD kecamatan. 

Membuat KTP Cukup di UPT Kecamatan

SRIPOKU.COM, BANYUASIN -- Peresmian Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Dinas Kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) di setiap kecamatan dinilai mendesak untuk meningkatkan pelayanan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) kepada masyarakat di Bumi Sedulang Setudung, Rabu (18/9/2019).

"Sebab itu, sebagai wujud launching implementasi proyek perubahan ekspansi infrastuktur jaringan internet kecamatan dalam mewujudkan smart city di Kabupaten Banyuasin yang handal," kata Bupati Banyuasin H Askolani SH MH yang sekaligus melantik 17 UPTD disetiap kecamatan.

Askolani berharap dengan adanya UPTD setiap kecamatan, tidak ada lagi warga yang tidak memiliki identitas diri, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran, akta kematian, dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Dengan dilantiknya Kepala UPTD Disdukcapil berarti bertambah tenaga, pelayanan untuk masyarakat yang lebih dekat lagi. "Masyarakat cukup datang ke kecamatan jauh lebih dekat dari pada ke kota kabupaten. Manfaatkanlah waktu untuk mengurus identitas diri," himbau Askolani.

Masih kata Askolani, pemerintah kabupaten akan segera membentuk tim pengawasan terhadap kinerja publik, pelayanan. Apabila dinilai tidak bekerja untuk masyarakat. Maka akan diberikan langsung tindakan dengan surat peringatan pertama dan terakhir tugasnya.

"Kalau kerjanya selama tiga bulan dari sekarang tidak baik, atau tidak melayani masyarakat sesuai dengan standar operasional prosedur. Maka akan kita gantikan dengan yang lain," tegas Askolani kita pilij pejabat yang memang mau bekerja melayanibdengan ikhlas.

Kepala Disdukcapil Banyuasin H Saukani SE MM mengatakan, launching implementasi proyek perubahan ekspansi infrastuktur jaringan internet kecamatan dalam mewujudkan smart city di Kabupaten Banyuasin, guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat setiap kecamatan.

"saat ini Pemkab Banyuasin, terus berupaya untuk mengedepankan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dan tidak perlu jauh-jauh untuk membuat KTP, KK, Akta kelahiran, kematian, dan termasuk pembuatan KIA," ujar Saukani.

Kini, warga cukup datang ke UPTD Disdukcapil di kecamatan terdekat untuk pelayanan. "Sekarang warga tidak perlu ke Kota Pangkalan Balai untuk mengurus atau membuat identitas diri keluarga," ucap Saukani yang terus berupaya berbuat untuk kepentingan orang banyak.

Dijelaskan Saukani, keberadaan Disdukcapil kecamatan, memiliki wewenang yang hampir sama, karena administrasi bukan hanya KTP. "Di UPT kecamatan sama halnya di dinas Pemkab, bisa melayani apa saja keperluan," tegas Saukani berharap masyarakat bisa melengkapi persyaratannya lebih awal baru ke UPTD kecamatan.

Terkait pelayanan, apabila persyaratan administasi dan identitas sudah lengkap bisa selesai dengan waktu satu jam. "Persyaratan dan administrasi lengkap, pembuatam identitas tidak lebih dari satu jam bisa selesai," tandas Saukani dan jaringan juga bisa mempengaruhi kelancaran.

Penulis: Mat Bodok
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved