Meski Rajin Berdonasi Kekayaannya Tak Bekurang, Ini Strategi Investasi Bill Gates

Bill Gates terkenal tidak pelit dengan kekayaan yang dia miliki. Dia terkenal sangat dermawan hingga mendirikan sebuah yayasan untuk menyumbangkan kek

Meski Rajin Berdonasi Kekayaannya Tak Bekurang, Ini Strategi Investasi Bill Gates
publishtoday.us
Bill Gates, pendiri Microsoft. 

SRIPOKU.COM, NEW YORK - Bill Gates terkenal tidak pelit dengan kekayaan yang dia miliki. Dia terkenal sangat dermawan hingga mendirikan sebuah yayasan untuk menyumbangkan kekayaannya yang berlimpah bersama dan istrinya.

Seperti dikutip CNBC dan Bloomberg, Rabu (18/9/2019), kekayaan pendiri Microsoft ini meningkat 16 miliar dollar AS tahun ini, meski dirinya telah menyumbangkan lebih dari 35 miliar dollar AS untuk beramal.

Yuk! Berdonasi untuk Palu dan Donggala dengan Membeli Kaos Ini

Bill Gates Ingin Memelihara Ayam, Ini Alasannya

Dengan demikian, keseluruhan kekayaan Bill Gates saat ini mencapai 106 miliar dollar AS. Jumlah tersebut adalah yang terbesar kedua di dunia setelah CEO Amazon, Jeff Bezos.

"Kami tidak berlaku defensif dengan sebagian besar uang kami," ujar dia.

"Strategi yang digunkan untuk berinvestasi adalah lebih dari 60 persennya dalam bentuk ekuitas (saham)," lanjut Gates.

Memiliki 60 persen porsi ivestasi di ekuitas, dalam hal ini Bill Gates menaruh 60 persen kekayaannya di saham atau index fund. Hal itu merupakan langkah agresif bagi seseorang yang sekaya Gates.

Biasanya investor akan lebih terdiversifikasi dalam berinvestasi di beberapa kelas aset, seperti di obligasi pemerintah dan real estate.

Namun, Bill Gates mengatatakan, dirinya optimistis terhadap perekonomian Amerika Serikat dan perekonomian global.

"Anda bisa saja berpikir bahwa imbal hasilnya tidak terlalu tinggi, namun itu memang benar jika dibandingkan dengan semua kelas aset," ujar dia.

Tak Selalu Sama
Adapun perencana keuangan mengatakan, karena seorang miliarder melakukan suatu strategi investasi tertentu, bukan berarti semua investor melakukan hal yang sama.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved