Penantian Murid SD di Pekayon Dua Tahun Belajar Lesehan, Akhirnya Dapat Meja-Kursi Setelah Viral

Sejumlah murid SDN Pekayon Jaya 3, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, hampir dua tahun duduk di lantai kelas saat kegiatan belajar-mengajar karena tidak pun

Penantian Murid SD di Pekayon Dua Tahun Belajar Lesehan, Akhirnya Dapat Meja-Kursi Setelah Viral
https://megapolitan.kompas.com/
Murid SDN Pekayon Jaya 3 Bekasi kembali belajar di meja-kursi setelah hampir 2 tahun sekolah mereka tak kebagian mebel. (KOMPAS.COM/VITORIO MANTALEAN) 

SRIPOKU.COM, BEKASI - Sejumlah murid SDN Pekayon Jaya 3, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, hampir dua tahun duduk di lantai kelas saat kegiatan belajar-mengajar karena tidak punya meja dan kursi.

"Ada enam ruangan kelas (tanpa meja-kursi). Ada kelas 6A, 6B, 5B, 2A 2B, dan 1B," ujar Wali Kelas 6A SDN Pekayon Jaya 3, Agus Herlana (50), Jumat (13/9/2019) siang.

Siswa SMPN 1 Talangpadang Empatlawang Terpaksa Belajar Lesehan

Siswa Terpaksa Belajar Lesehan

Enam kelas tersebut berada di gedung baru yang rampung dibangun Desember 2017 lalu. Artinya, sudah 1 tahun 9 bulan kelas-kelas tersebut tak dilengkapi meja-kursi.

Mereka kemudian membawa meja gambar sendiri dari rumah. Ada meja yang dipakai bertiga-berempat, ada pula yang digunakan sendiri.

"Dengan lesehan seperti ini kan lama-kelamaan itu anak-anak hilang konsentrasi. Apalagi di kelas saya, misalnya, kan enggak semua bawa tentengan meja. Ada yang membungkuk, ada yang di lantai," ujar Agus.

"Saya kira, ini masyarakat di sini, terutama orangtua siswa, kan ada yang mampu beli ya bawa, ada yang enggak mampu ya lesehan. Mereka benar-benar lesehan membungkuk," imbuhnya.

Jadi sorotan, datang mendadak
Keadaan ini langsung jadi sorotan berbagai media massa. Aneka foto yang menampilkan anak-anak itu tetap bersemangat belajar kendati tidak duduk di kursi dan menulis di meja beredar di jagat maya.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi heran dengan keadaan ini. Pasalnya, pengadaan mebel untuk sekolah-sekolah negeri di Bekasi sudah dianggarkan sejak awal tahun 2019.

"Harus diadakan bukan secepatnya, tapi sudah lewat. Harusnya (meja-kursi baru) sudah bisa dipakai di awal tahun anggaran. Kan sudah ada pembelian untuk meubelair (sekolah)," ujar pria yang akrab disapa Pepen itu di kantornya, Jumat siang.

"Hari ini akan saya lihat. Itu (meja-kursi) kan (membelinya lewat) e-katalog. Tinggal panggil, tawar, jadi sudah. Itu mah cepat. Enggak kayak tender-tenderan," imbuh dia.

Halaman
123
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved