Inilah 8 Manfaat Tidur Siang, Meningkatkan Memori hingga Suasana Hati Membaik

Penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa tidur siang dapat bermanfaat tidak hanya pada anak-anak usia 3 tahun, namun juga berpengaruh hingga dewasa.

Inilah 8 Manfaat Tidur Siang, Meningkatkan Memori hingga Suasana Hati Membaik
sripoku.com/sudarwan
Ilustrasi - penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa tidur siang dapat bermanfaat tidak hanya pada anak-anak usia 3 tahun, namun juga berpengaruh hingga dewasa. 

SRIPOKU.COM - Seperti dilansir dari MNN, Sabtu (10/9/2019), penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa tidur siang dapat bermanfaat tidak hanya pada anak-anak usia 3 tahun, namun juga berpengaruh hingga dewasa.

Dari penelitian terbaru, tidur siang dinyatakan dapat meningkatkan memori dan kewaspadaan Anda, serta juga dapat meningkatkan suasana hati.

Anak Yang Tidur Siang di Sekolah Lebih Bahagia, Unggul Dan Lebih Sedikit Memiliki Masalah Perilaku

Jangan Asal Tidur Siang, Ini Cara Agar Tidur Siangmu Bermanfaat

1. Meningkatkan memori
Para peneliti dari Duke-NUS Medical School di Singapura mengatakan bahwa tidur siang sebelum tes sama efektifnya dengan memasukkan pelajaran ke dalam otak.

Tim peneliti melakukan pengujian pada 72 pelajar dengan memberikan presentasi mengenai 12 spesies kepiting dan semut yang berbeda, dan para peserta diminta untuk mempelajari secara detail tentang kedua hewan tersebut, termasuk diet dan habitatnya.

Setelah 80 menit, para peserta atau siswa tersebut diberikan kesempatan atau waktu satu jam untuk istirahat dengan menonton film, tidur siang, ataupun merevisi apa yang baru saja mereka pelajari.

Kemudian setelah satu jam itu berakhir, mereka belajar lagi 80 menit. Kemudian mereka harus mengikuti ujian yang mana mereka diberikan 360 pertanyaan tentang semut dan kepiting tersebut.

Hasilnya, kelompok peserta yang melakukan tidur siang saat jeda waktu tersebut, mendapatkan skor terbaik dalam penelitian ini.

Dikatakan para peneliti bahwa tidur siang itu memungkinkan otak kita untuk memahami semua hal yang kita pelajari hari itu, sehingga meningkatkan daya ingat.

Dalam buku Dr Marc Weissbluth "Kebiasaan Tidur Sehat, Anak yang Bahagia", dikatakan bahwa ketika seorang anak tidur, otaknya bekerja keras untuk memproses semua hal yang telah ia pelajari pada siang hari.

"Tidur yang nyenyak meningkatkan kekuatan otak seperti halnya angkat beban membangun otot yang lebih kuat," tutur Marc dalam bukunya.

Halaman
123
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved