Kabut Asap Mulai Menyelimuti Banyuasin, Dinkes dan Polres Bagi-bagi Masker

Kabut Asap Mulai Menyelimuti Banyuasin, Dinkes dan Polres Bagi-bagi Masker

Kabut Asap Mulai Menyelimuti Banyuasin, Dinkes dan Polres Bagi-bagi Masker
SRIPOKU.COM/MAT BODOK
Petugas dari Dinas Kesehatan Banyuasin, membagikan masker ke salah satu tukang ojek di kawasan gerbang Perkantoran Pemkab Banyuasin. 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Mat Bodok

SRIPOKU.COM, BANYUASIN -- Untuk mengantisipasi penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) di Bumi Sedulang Setudung, dinas kesehatan dan Polres Banyuasin kompak membagikan masker, Jumat (13/9/2019).

Dibagikannya masker secara gratis tadi, mengingat dalam sepekan kabut asap mulai menyelimuti Banyuasin. Dikhawatirkan, warga akan terkena infeksi saluran pernapasan akut. Sebab itu, tim dari Dinas Kesehatan serta jajaran Polres Banyuasin bagi-bahi masker.

Kadis Kesehatan dr H Mgs M Hakim MKes mengatakan, ISPA akan menimbulkan peradangan pada saluran pernapasan, mulai dari hidung hingga paru-paru. Kebanyakan ISPA menurut Hakim, disebabkan oleh virus, sehingga dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus dan antibiotik.

"Walaupun demikian, seseorang perlu waspada dan tetap berobat serta konsuktasi dengan dokter. Pencegahan penyakit ISPA, salah satunya menutup permukaan muka dengan masker agar asap maupun debu tidak masuk kerongga mulut atau hidung," jelas Hakim.

Kenapa diberikan masker, jelas Hakim, infeksi di saluran pernapasan yang menimbulkan gelala batu, pilek, disertai dengan demam. Bisa menyebar kemana-mana dengan ditutup tidak menyebar luas. "ISPA sangat mudah menular dan dapat dialami oleh siapa saja terutama anak-anak dan balita yang mudah tertular," ujar Hakim.

Terpisah Kapolres Banyuasin AKBP Danny S melalui Paur Humas Bripka Riduan didampingi Paurkes dr Nia menyebutkan, seluruh personel di jajaran Polres Banyuasin yang ikut apel pagi, diwajibkan mengenakan masker untuk mengantisipasi penyakit ISPA.

"Personel Polres Banyuasin, setiap ape pagi telah menggunakan masker, karena kondisi kabut asap semakin tebal yang bisa mengganggu pernafasan," ungkap Nia seraya berucap pembagiam masker juga dibagikan ke masyarakat.

Penulis: Mat Bodok
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved