Berita Palembang

Maatoa Eco Canteen di Sungai Sahang, Peduli Lingkungan dan Keuangan Mahasiswa Sediakan Paket Hemat

Untuk itulah ia dan putri semata wayangnya membuka warung makan berkonsep peduli lingkungan (go green) pada Februari 2018 lalu.

Maatoa Eco Canteen di Sungai Sahang, Peduli Lingkungan dan Keuangan Mahasiswa Sediakan Paket Hemat
SRIPOKU.COM/JATI PURWANTI
Tasmania Puspita-Mantan Dosen Biologi yang menggeluti bisnis rumah makan go green dan memperhatikan keuangan mahasiswa. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Masa pensiun bagi ibu Tas, panggilan lengkap Tasmania Puspita, bukanlah waktu untuk bersantai di rumah. Baginya meski tak lagi menjalani rutinitas sebagai pengajar di salah satu universitas negeri di Palembang, masa tua tetap harus produktif.

Untuk itulah ia dan putri semata wayangnya membuka warung makan berkonsep peduli lingkungan (go green) pada Februari 2018 lalu.

Mendirikan bangunan warung bernama Maatoa Eco Canteen di Jalan Sungai Sahang No.5344, Palembang, Tas tidak butuh modal besar sebab ini menggunakan banyak perkakas bekas yang ia kumpulkan sejak lama.

Meski demikian warungnya ini menjadi favorit kalangan mahasiswa yang berkuliah dan bertempat tinggal di dekat kawasan warungnya tersebut.

Terlebih, dia pun tak mematok harga yang mahal untuk setiap menu makanan yang ditawarkan.

"Saya tak semata cari keuntungan dalam berbisnis. Saya hanya ingin bantu mahasiswa yang kesulitan keuangan dengan memberikan paket makanan hemat Rp5 ribu untuk nasi, sayur asem, kerupuk tempe dan ikan," ujar Tasmania ditemui di tempat usahanya, Kamis (12/9/2019).

Meski demikian, dia mengaku tak mengalami kerugian sebab ada subsidi silang untuk jenis makanan lain yang harganya sama seperti di warung makan kebanyakan.

Menu makanan dan juga minuman yang dia tawarkan di kantin yang ia kelola ini juga tak menggunakan bahan aditif makanan seperti pewarna, pemanis, dan penyedap rasa.

Tak hanya itu, untuk olahan makanan yang menggunakan minyak dia memanfaatkan minyak kelapa alih-alih menggunakan minyak kelapa sawit yang harganya tentu lebih terjangkau.

Di tempat usahanya yang bersebelahan dengan rumah tinggalnya ini, dia juga memberlakukan sistem take away (bawa pulang makanan) tanpa menggunakan pembungkus plastik. Si pembeli diminta membawa wadah makan atau botol minum sendiri bila ingin memesan makanan untuk dibawa pulang.

Toyota Perkenalkan Produk Terbaru All New HiAce Premio dan All New Hilux Pickup 4X4 Diesel

Kemiskinan yang Menderanya, 4 KK di Kabupaten PALI ini Terpaksa Mendiami Bangunan Kios Pasar

Pelaku Begal di Sekayu Ini Incar calon Korbannya Seorang Perempuan Sedang Naik Motor Sendirian

Halaman
12
Penulis: Jati Purwanti
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved