Sebelum Meninggal, BJ Habibie Sempat Bicara Dua Jam Soal Pesawat R20

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menuturkan dua pekan lalu Habibie ingin mengunjungi Gorontalo dan berbicara soal pesawat R20.

KOMPAS/RADITYA HELABUMI
BJ Habibie meninggal 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie wafat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (11/9). Sebelum wafat, Habibie menyampaikan sebuah pesan terakhir kepada Arief Rachman, sahabatnya.
Menurut penuturan Arief Rachman, B.J Habibie meninggal dunia tepat setelah azan magrib. Sebelum wafat, Habibie menyampaikan sebuah pesan kepada Arief.

“Ketika beliau bisa bicara, beliau menitipkan supaya bangsa ini tidak tercerai-berai,” tutur Arief di RSPAD Gatot Subroto, Rabu (11/9).

B.J Habibie juga berpesan agar dunia pendidikan Indonesia semakin maju. Habibie mengatakan kepada Arief, “Kamu tidak hanya jadi pengajar, tapi juga pendidik. Didiklah bangsa ini sebaik-baiknya,” ujar Arief mengutip pesan Habibie kepada dirinya.
Arief juga menyampaikan pesan Habibie kepada masyarakat Indonesia untuk menjaga persatuan. Habibie berpesan agar masyarakat tidak melupakan Pancasila dan ilmu sebagai tonggak bangsa.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie juga mendapat sebuah pesan terakhir dari B.J Habibie. Rusli, yang keponakan B.J Habibie, sempat menjenguk Habibie di RSPAD Gatot Subroto, Rabu sore. Rusli menuturkan dua pekan lalu Habibie ingin mengunjungi Gorontalo dan berbicara soal pesawat R20.

“Dua minggu yang lalu beliau ingin datang ke Gorontalo. Pak Habibie terakhir bicara dengan saya tentang pesawat R20 sampai dua jam. Beliau sangat sedih. Ingin rencana itu terwujud,” tutur Rusli, Rabu (11/9).

Menurut Rusli pihak keluarga telah mendapat informasi dari pihak dokter soal kondisi terakhir B.J Habibie. Ketika itu pihak dokter memberi sinyal ajal Habibie sudah dekat. Setelah mendapatkan informasi itu keluarga berdoa mengharapkan mukjizat.
“Kami keluarga merasa sangat kehilangan,” kata Rusli.

B.J Habibie wafat pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB. Thareq Kemal Habibie, putra B.J Habibie membenarkan kabar tersebut.
“Ayah saya, Pak Habibie, presiden ketiga RI telah meninggal. Alasan kenapa meninggal karena sudah menua. Mohon doanya, mohon pengertian, kami dalam keadaan berkabung,” ujar Thareq di RSPAD Gatot Subroto.

Presiden Joko Widodo menyempatkan diri untuk memberikan penghormatan terakhir kepada B.J Habibie di Paviliun Kartika RSPAD Gatot Subroto. Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana dan Gibran Rakabuming Raka, anak pertamanya.

Di mata Presiden Joko Widodo, B.J Habibie adalah ilmuwan kelas dunia, bapak teknologi Indonesia dan presiden ketiga Republik Indonesia. Jokowi mengaku kerap meminta saran kepada B.J Habibie terutama soal ekonomi dan kebangsaan.

Sebelum Meninggal Dunia BJ Habibie Sempat Membaik

BREAKING NEWS : Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun BJ Habibie Meninggal Dunia di RSPAD Gatot Soebroto

Belasan Warga Lahat Keracunan Makan Sambal Tahu Umbi

“Selalu setiap persoalan persoalan yang ada di negara kita, berkaitan ekonomi dan kebangsaan, beliau selalu langsung menyampaikan solusinya, jalan keluarnya. Kadang sering beliau datang ke Istana atau saya datang ke rumah Pak B.J Habibie. Beliau adalah negarawan yang patut dijadikan contoh dan suri teladan dalam kehidupan,” ujar Jokowi di RSPAD Gatot Subroto.
Presiden ketiga RI BJ Habibie menghembuskan nafas terakhirnya, Rabu(11/9) di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 itu meninggal akibat penyakit yang dideritanya.

Halaman
123
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved