Inovasi Sejahai Disdukcapil Musirawas Percepat Pelayanan Kependudukan, Cukup Kirim Data Via WA

Dengan Inovasi Sejahai , Masyarakat Musirawas Tak perlu Repot Datangi Disdukcapil Musirawas Untuk Urus Dokumen kependudukan

Inovasi Sejahai Disdukcapil Musirawas Percepat Pelayanan Kependudukan, Cukup Kirim Data Via WA
ist
Inovasi Sejahai Disdukcapil Pemkab Musirawas meraih penghargaan top 3 kompetisi inovasi pelayanan publik sektor kependudukan dan pencatatan sipil tingkat Provinsi Sumsel tahun 2019. Tampak Kepala Disdukcapil Musirawas Y Mori menerima penghargaan yang diserahkan Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya, Senin (9/9/2019). 

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Musirawas membuat terobosan untuk mempermudah pelayanan administrasi kependudukan, yaitu dengan inovasi "Sejahai" atau sentuh aku dengan jarimu.

Dengan inovasi ini, masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan kependudukan, seperti membuat akte kelahiran anak, Kartu Identitas Anak (KIA) cukup mengirimkan data melalui pesan WhatsApp (WA), melalui petugas yang sudah ditunjuk.

"Misal ada masyarakat yang melahirkan di suatu Puskesmas atau bidan desa, maka pihak bidannya cukup memfoto persyaratan untuk membuat akte kelahiran lalu kirim via WA ke Disdukcapil," kata Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Musirawas, Darwin, kepada Sripoku.com, Rabu (11/9/2019).

"Nanti data yang dikirim via WA itu kita cek, apabila memang benar, maka akan kita buatkan akte kelahiran anak yang baru dilahirkan. Jadi sebelum masyatakat datang kesini, akte anaknya sudah kita buat, tinggal diambil. Intinya aplikasi ini memercepat pelayanan," sambung Darwin.

Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil Musirawas, Yan Nafiah menambahkan, inovasi sejahai ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam membuat dokumen kependudukan. Mengingat jarah tempuh yang masih cukup jauh buat masyarakat datang ke kantor Dukcapil.

"Inovasi Sajahai ini lebih menyentuh kepada ibu-ibu hamil yang baru melakukan persalinan di rumah sakit, puskesmas dan bidan desa. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk ke pengurusan Akta Kelahiran bagi anak-anak yang telah lahir terlebih dahulu sebelum terjadinya perjanjian kerjasama dengan pihak RS Sobirin dan beberapa Puskesmas di Musirawas," ujar Yan Nafiah.

Disamping Akte Kelahiran, masyarakat juga langsung mendapatkan Kartu Keluarga dan KIA. Hal ini dilakukan agar seluruh anak yang lahir memiliki akta kelahiran dan akan terwujudnya masyarakat Kabupaten Musirawas yang tertib administrasi kependudukan.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD Raih Penghargaan Jadi Duta Kopi Indonesia

Menelisik Kantor Arkeologi Sumatera Selatan, Gudang Artefak dan Ilmu Sejarah

Rumah Terbakar Saat Sedang Tidur Lelap, Seorang Remaja di Lahat Nyaris Tewas Terpanggang

"Intinya masyarakat tidak perlu repot-repot datang ke Disdukcapil guna mengurus dokumen kependudukan. Tapi cukup datang ke petugas yang sudah ditunjuk dengan membawa persyaratan, kemudian syaratnya di foto dan di kirim ke Disdukcapil melalui WA 08117187187. Inovasi ini juga diperluas dengan pelayanan akta kematian bagi masyarakat yang melapor dibawah 30 hari," ujarnya.

Kepala Disdukcapul Musirawas Y Mori mengatakan, inovasi Sejahai ini sudah meraih penghargaan Top 3, pada kompetisi inovasi pelayanan publik sektor kependudukan dan pencatatan sipil tingkat Provinsi Sumsel tahun 2019. Penghargaan dibidang Inovasi yang ditandatangani oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru diserahkan langsung oleh Wagub Sumsel H Mawardi Yahya kepada pihaknya pada acara Launching Ruang Inovasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (RINDUCAPIL) Provinsi Sumsel Tahun 2019 di Griya Agung Palembang. Senin,(9/9/2019).

Dua Hotel Bintang Lima di Palembang Ini Tawarkan Paket Menginap Murah, Catat Alamat Hotelnya!

Gisella Anastasia Berurai Air Mata, Minta Ini ke Gading Marten, Sikap Wijaya Saputra Pun Terungkap

"Dari 17 Kabupaten dan Kota, ada 12 daerah yang ikut dan setelah diseleksi Sejahai masuk dalam top 6 dan alhamdulilah pada seleksi terakhir Sejahai terpilih menjadi salah satu dari Top 3," ujar Y Mori. (ahmad farozi)

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved