Inilah 16 Manfaat Renang Bagi Kesehatan Mental dan Fisik, Cocok untuk Segala Usia

Tahukah kamu bahwa manfaat renang bagi tubuh ternyata luar biasa? Olahraga yang bisa dilakukan semua orang dari segala usia ini rupanya terbukti lebih

Inilah 16 Manfaat Renang Bagi Kesehatan Mental dan Fisik, Cocok untuk Segala Usia
sripoku.com/herwis
Berenang adalah olahraga yang bisa dilakukan semua orang dari segala usia ini rupanya terbukti lebih efektif daripada latihan angkat beban dan berlari. 

SRIPOKU.COM - Tahukah kamu bahwa manfaat renang bagi tubuh ternyata luar biasa? Olahraga yang bisa dilakukan semua orang dari segala usia ini rupanya terbukti lebih efektif daripada latihan angkat beban dan berlari.

Berenang bolak-balik dari ujung ke ujung kolam renang, dapat menjadi alternatif lain bagi mereka yang bosan dengan latihan yang itu-itu saja, seperti berlari di atas treadmill.

Pasalnya, olahraga ini dapat menciptakan perasaan menyenangkan, dengan peluang cedera yang lebih kecil.

Berenang dalam air hangat dapat memberikan efek menenangkan pada otot-otot yang pegal. Sebaliknya, berenang saat cuaca panas bisa membuat kita tetap dalam keadaan ‘dingin’.

Ternyata Berenang Salah satu olahraga yang Efektif Membakar Lemak, Yuk Kita Lakukan!

Ingin Berenang? Berikut 5 Tips Yang Harus Diperhatikan Agar Aman di Kolam renang

Dengan memilih renang sebagai olahraga rutin atau hobi, kita dapat memperoleh manfaatnya bagi kesehatan mental dan fisik di bawah ini:

1. Melatih seluruh tubuh
Ketika berenang, kita akan menggunakan hampir seluruh otot utama tubuh. Mulai dari lengan, kaki, hingga perut.

2. Memperkuat otot kardiovaskular
Sebagai salah satu latihan kardio, manfaat renang bagi tubuh bisa didapatkan karena berenang bisa memperkuat otot jantung dan paru-paru, serta menyehatkan sistem pernapasan. Oleh sebab itu, renang termasuk pilihan olahraga rutin yang tepat.

3. Menurunkan tekanan darah dan mengendalikan kadar gula darah
Sebuah studi menunjukkan bahwa renang dapat menurunkan tekanan darah dan membantu dalam mengendalikan kadar gula darah.

Bahkan orang yang berenang secara teratur dikatakan memiliki harapan hidup hingga 50% lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang jarang bergerak.

4. Membakar kalori dalam tubuh
Jumlah kalori tubuh yang dibakar melalui olahraga renang memang tergantung pada berat badan masing-masing orang, durasi, frekuensi, intensitas, serta jenis gerakan renang yang dilakukan.

Halaman
1234
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved