Human Interest Story

Cerita Penjaga Situs Batu Gajah Pagaralam, Siang Malam tak Boleh Lengah

Oknum pencinta batu akik nekat menjadikan situs Batu Gajah ini untuk dijadikan bahan untuk membuat batu akik.

Cerita Penjaga Situs Batu Gajah Pagaralam, Siang Malam tak Boleh Lengah
SRIPO/SYAHRUL HIDAYAT
Lubis, penjaga Situs Batu Gajah di Desa Blumai Kota Pagaralam. 

PALEMBANG, SRIPO -- Lubis, penjaga Situs Batu Gajah di Desa Blumai Kota Pagaralam memiliki kisah unik ketika menjaga peninggalan zaman megalitikum di era tahun 2014. Pada tahun tersebut masyarakat Indonesia khususnya Pagaralam tengah menggilai batu akik. Ia harus berjaga selama 24 jam agar batu bernama berelief belumai itu agar tak jadi incaran pecinta batu akik.

"Waktu musim batu akik saya harus menjaga 24 jam. Karena saya was-was nanti para pemburu akik nekat," ujarnya saat dijumpai tim Ekspedisi Sriwijaya di Situs Batu Gajah di Desa Blumai Kota Pagaralam, Sabtu (7/9).

Pria yang telah menjaga situs sejak tahun 2009 ini pun mengaku, sempat meminta pengawalan dari aparat kepolisian setempat untuk menjaga situs batu gajah agar tak menjadi incaran kolektor batu akik.

Ia khawatir, pada saat orang sedang menggilai batu-batu yang unik, oknum pencinta batu akik nekat menjadikan situs Batu Gajah ini untuk dijadikan bahan untuk membuat batu akik.

"Sebenarnya batu ini tidak bisa dijadikan akik, karena situs ini merupakan batu pasir. Tapi, pada saat itu orang tengah gila batu, jadi terpaksa menjaganya harus ekstra," jelasnya.

Tak hanya itu, situs batu gajah ini juga disebut-sebut memiliki kisah mistik tersendiri. Berada di tengah persawahan dengan jarak 1,5 km dari pemukiman warga, tak sedikit orang yang mengalami hal gaib. Beberapa orang mengaku sering diganggu penunggu batu dengan melihat situs bersejarah ini bergerak sendiri.

"Dulu banyak juga bermalam ke sini demi meminta agar dapat keberuntungan masang nomor," kata Lubis. (oca)

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved