Tahanan Polres Musirawas Diberikan Bimbingan Tata Cara Shalat dan Bacaan Surat Alquran

Banyak yang belum paham tata cara sholat , Tahanan Polres Musirawas Diberikan Bimbingan Tata Cara Shalat dan Bacaan Surat Alquran

Tahanan Polres Musirawas Diberikan Bimbingan Tata Cara Shalat dan Bacaan Surat Alquran
SRIPOKU.COM/Polres Musirawas
Sebagian tahanan di Polres Musirawas masih ada yang tidak bisa tentang tata cara dan bacaan shalat. Tampak KBO Sat Binmas Polres Musirawas Iptu Surhadi Burhan membimbing cara gerakan shalat kepada para tahanan. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ahmad farozi

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Sebagian tahanan di Polres Musirawas masih ada yang tidak bisa tentang tata cara dan bacaan shalat. Bahkan lebih parah lagi, ada yang sama sekali tak bisa membaca surat Altatiha dan ayat pendek lainnya.

Hal inilah yang melatar belakangi Satuan Binmas Polres Musirawas memberikan bimbingan secara khusus kepada para tahanan yang belum paham tentang tata cara dan bacaan shalat tersebut.

"Dari analisa kita, ternyata masih banyak tahanan di Polres Musirawas ini yang sama sekali tak bisa shalat dan membaca surat Alfatiha. Berdasarkan itu, kita kemudian memprogramkan memberikan bimbingan tentang tata cara shalat dan bacaan ayat-ayat kepada tahanan tersebut. Ini setiap hari kita evaluasi selama mereka masih diproses disini," kata Kasat Binmas Polres Musirawas Iptu Yani melalui KBO Satuan Binmas, Iptu Surhadi Burhan kepada Sripoku.com, Minggu (8/9/2019).

Kedua Kalinya Akun Ayahnya Diblock Vanessa Angel, Sosok baru Muncul dalam Kisruh Ayah dan Anak Ini

Emas 75 Suku dan Uang Rp 3 Miliar Dirampok, Kades Ini Siap Bangun Kantor Polsek dengan Uang Pribadi

Fakta Baru Pemeran Pria Vina Garut yang Meninggal, Terungkap Nikah 3 Kali dan Korban Banjir Bandang

Dikatakan, Satuan Binmas atas perintah Kapolres Musirawas AKBP Suhendro memang memiliki program siraman rohani atau binrohtal bagi para tahanan yang sedang menjalani proses hukum di Mapolres Musirawas. Ini bertujuan untuk memberikan arahan dan bimbingan serta pemahaman agama kepada para tahanan. Tujuannya, agar para tahanan sadar bahwa perbuatan yang mengantarkan mereka kedalam sel tahanan adalah suatu pelanggaran hukum.

Dengan adanya siraman rohani kata Iptu Surhadi, diharapkan mereka yang selama ini bergelut dengan "dunia hitam" dapat segera bertobat. Karena perbuatan melanggar hukum akan mendapatlan hukuman, baik hukuman dunia maupun akhirat.

"Tapi Allah maha penerima taubat. Maka kita berikan pemahaman kepada saudara kita ini agar bertaubat. Harapannya, selepas menjalani hukuman dan kembali lagi ke tengah masyarakat nantinya, agar kembali ke jalan yang benar," ujarnya.

Kapolres Musirawas AKBP Suhendro mengatakan, memang masih ada sebagian tahanan yang sama sekali tidak paham dengan tuntunan agama, seperti tata cara shalat. Maka pihaknya mengapresiasi apa yang dilakukan oleh anggotanya yang memberikan bimbingan rohani tentang tata cara shalat dan bimbingan rohani lainnya.

"Bimbingan rohani ini diberikan secara kontinyu. Bagi tahanan yang belum bisa bacaan dan gerakan shalat, maka diajarkan. Harapan kita, selepas diproses di Polres Musirawas mereka sudah bisa shalat," ujarnya. (ahmad farozi)

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved