Berita PALI

Petani Semangka di PALI Terancam Gagal Panen, Buah Tumbuh Kerdil Diduga Tercemar Debu

Petani Semangka di PALI Terancam Gagal Panen, Buah Tumbuh Kerdil Diguga Tercemar Debu

Petani Semangka di PALI Terancam Gagal Panen, Buah Tumbuh Kerdil Diduga Tercemar Debu
SRIPOKU.COM/REIGAN RIANGGA
Salah seorang petani Semangka Desa Harapan Jaya Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI memperlihatkan tanaman mereka tumbuh kerdil. 

Petani Semangka di PALI Terancam Gagal Panen, Buah Tumbuh Kerdil Diguga Tercemar Debu

Laporan Wartawan Sripoku.com, Reigan Riangga

SRIPOKU.COM, PALI -- Para petani semangka Desa Harapan Jaya Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI (Penukal Abab Lematang Ilir) terancam gagal panen, Minggu (8/9/2019).

Para petani semangka ini mengeluhkan tanaman mereka yang tidak tumbuh sempurna lantaran diduga tercemar debu batubara dari angkutan batu bara milik PT Servo yang melintas tidak jauh dari kebun mereka.

Akibatnya, tanaman semangat milik petani setempat yang telah berumur lebih dari satu bulan ini daunnya banyak menghitam, lantaran tertutup debu batubara.

Man Likum salah seorang petani semangka Desa Harapan Jaya Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI mengatakan, biasanya saat umur tanaman satu bulan lebih, buah semangka yang keluar tumbuh normal serta daun tanaman pun segar dan hijau.

Dalam satu hektare, biasa dirinya menghasilkan paling sedikit 35 ton.

"Namun, kalau melihat sekarang, harapan itu sepertinya akan sirna lantaran banyak tanaman menguning dan buahnya banyak yang kerdil," katanya.

"Akibat tertutup debu batubara, banyak tanaman yang menguning, sehingga buah yang keluar menjadi tidak sesuai standar ukuran buah Semangka itu," jelasnya menambahkan

Menurut dia, dirinya bersama petani setempat sempat melakukan demo menyuaran kelauhan kami kepada PT Servo, namun seakan tidak diperdulikan.

Halaman
12
Penulis: Reigan Riangga
Editor: adi kurniawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved