Human Interest Story

Berkat Rekayasa Padi Varietas Unggul, Kemarau pun Bisa Panen

Kendati saat ini sedang musim kemarau dan dilanda kekeringan, namun padi varietas unggul hasil rekayasa teknologi melalui program Agro Techno Park

Berkat Rekayasa Padi Varietas Unggul, Kemarau pun Bisa Panen
Humas Pemkab Musirawas
Panen raya padi varietas Batan dilaksanakan oleh Bupati Musirawas H Hendra Gunawan bersama Wakil Bupati Hj Suwarti, Kepala Batan Prof Anhar Riza Antariksawan dan pihak terkait lainnya. Panen raya dilaksanakan di Desa G1 Mataram Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musirawas, Rabu (4/9/2019). 

ANDA sudah pernah dengar instansi Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan). Di tempat ini, berkumpul para ahli dan profesor Fisika dan Tenaga Atom hingga nuklir. Namun siapa sangka, tenyata ahli nuklir di negeri ini, tertarik bidang sektor pertanian. Dengan keilmuan yang dimiliki, para ahli ini berhasil melakukan rekayasa teknologi melalui program Agro Techno Park (ATP). Hasilnya, padi varietas unggul diciptakan dan mampu tumbuh dan bertahan di musim kemarau.

Seperti di Kabupaten Musirawas (Mura), kendati saat ini sedang musim kemarau dan dilanda kekeringan, namun padi varietas unggul hasil rekayasa teknologi melalui program Agro Techno Park (ATP) dapat tumbuh dan dipanen raya. Panen raya padi varietas Batan dilaksanakan oleh Bupati Musirawas H Hendra Gunawan bersama Wakil Bupati Hj Suwarti, dan Kepala Batan Prof Anhar Riza Antariksawan serta pihak terkait lainnya. Panen raya dilaksanakan di Desa G1 Mataram Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musirawas, Rabu (4/9).

"Alhamdulillah syukur, hari ini ditengah musim kemarau, kita dapat melaksanakan panen raya bersama Kepala Batan, Prof Anhar Riza Antariksawan. Terima kasih untuk semua, terutama para petani yang tetap semangat AK5," kata Bupati Musirawas H Hendra Gunawan.

H Hendra Gunawan menyambut baik atas kerjasama dengan pihak Batan, sebagai salah satu dari tiga daerah pelaksana program ATP Batan. Menurutnya, pemilihan Kabupaten Musirawas sebagai pelaksana ATP Batan ini atas pertimbangan potensi dan keunggulan yang ada di Kabupaten Musirawas.

Dikatakan, dalam rangka mendukung program dan kegiatan ATP tahun 2019, Pemkab Musirawas melalui dinas terkait telah membina petani di Kecamatan Tugumulyo, Sumber Harta dan Kecamatan Muarabeliti. Dan juga telah menyediakan lahan seluas 450 hektare yang diperuntukkan penyebaran varietas padi hasil litbang Batan pada pertanian terpadu di Musirawas. Varietas padi hasil litbang Batan pada pertanaian terpadu di Musirawas yang disebarkan antara lain varietas padi Kahayang dan Mustajab. Diharapkan, kedepan makin banyak hasil kajian Batan melalui program ATP untuk menciptakan varietas padi yang memiliki kualitas dan keunggulan untuk para petani di Kabupaten Musirawas, sehingga produktifitas padi petani semakin meningkat.

"Peningkatan produksi akan berdampak pada peningkatan perekonomian petani dan juga akan memberikan sumbangsih dalam menjaga ketahanan pangan di Musirawas, Sumsel hinggga nasional," kata H Hendra Gunawan.

Kepala Batan, Prof Anhar Riza Antariksawan mengatakan, program ATP akan terus dilanjutkan. Diharapkan, setiap melakukan penelitian, masing-masing daerah dapat ikut melakukan penelitian secara bersama. Dia melihat, ATP Batan yang ada di Kabupaten Musirawas dinilai cukup baik oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI. Dikatakan, dalam menghadapi perubahan iklim yang ekstrim seperti sekarang ini, Batan akan terus melakukan penelitian dan pengembangan. Sehingga nantinya dapat hasil yang tahan terhadap cuaca. (ahmad farozi)

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved