Pilkades Ogan Ilir 2019 Serentak akan Digelar 21 November

Sebanyak 54 desa di Kabupaten Ogan Ilir, akan melaksanakan Pemilihan Kades (Pilkades) serentak pada 21 November tahun 2019 ini.

Pilkades Ogan Ilir 2019 Serentak akan Digelar 21 November
SRIPOKU.COM/RESHA
Suasana Sosialisasi Pilkades 2019 Ogan Ilir di gedung Pemkab Ogan Ilir, Selasa (3/9/2019). 

Pilkades Ogan Ilir 2019 Serentak akan Digelar 21 November

Laporan Wartawan Sripoku.com, Resha

SRIPOKU.COM, INDRALAYA -- Sebanyak 54 desa di Kabupaten Ogan Ilir, akan melaksanakan Pemilihan Kades (Pilkades) serentak pada tahun 2019 ini. Rencananya, Pilkades 2019 tersebut akan digelar pada 21 November ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Ogan Ilir, Trisno Pilhaq mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada para panitia Pilkades 2019 tersebut. Sosialisasi itu sendiri dilaksanakan di Gedung Pemkab Ogan Ilir, Selasa (3/9/2019).

"Jadi sosialisasi ini bertujuan agar para panitia pelaksana di daerah dapat menjalankan tugasnya di daerah masing-masing," ujarnya di sela acara.

Dalam sosialisasi itu juga dibeberkan beberapa syarat untuk menjadi Bakal Calon Kepala Desa di Ogan Ilir. Seperti Warga Negara Indonesia (WNI), berusia minimal 25 tahun dan minimal lulusan SLTA/sederajat.

Ada juga beberapa kriteria yang memiliki bobot nilai, seperti pendidikan terakhir, atau pernah menjadi perangkat desa/pemerintah. Bobot nilai itu diberikan saat menentukan penilaian, untuk menentukan Calon Kades yang berhak mengikuti Pilkades 2019.

Berdasarkan data saat sosialisasi, ada beberapa kriteria yang memiliki nilai tinggi. Seperti misalnya, terakhir berpendidikan S3 atau S2, maka bernilai 100 yang berbobot 40 persen.

Begitupun bagi bakal calon yang pernah mejabat sebagai Kepala Perangkat Daerah selevel eselon II / Legislatif, pada pemerintahan pusat / provinsi / daerah. Maka nilainya 100, dengan bobot 25 persen.

Untuk pendaftaran Bakal Calon Kades, akan dibuka mulai bulan September 2019 ini. Sedangkan untuk penetuan siapa calonnya, melihat dari jumlah bakal calon yang mendaftar di desa tersebut.

"Kita berharap agar Pilkades 2019 ini dapat berlangsung dengan kondusif," jelasnya. (mg5)

Penulis: RM. Resha A.U
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved