Berita OKU

Drainase Tersumbat Akibat Hujan, Puluhan Rumah di Talangjawa Baturaja Terendam Air

Sekitar 20 unit rumah di RT 10 Kelurahan Talang Jawa Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) terendam air pasca hujan lebat yang

Drainase Tersumbat Akibat Hujan, Puluhan Rumah di Talangjawa Baturaja Terendam Air
Sripoku.Com/LENI JUWITA
Puluhan rumah di Talangjawa tergenang air. 

SRIPOKU.COM, BATURAJA---Sekitar 20 unit   rumah di RT 10 Kelurahan Talang Jawa Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) terendam air pasca hujan lebat yang mengguyur Kota Baturaja seminggu yang lalu.

Banjir setinggi lutut orang dewasa ini disebabkan oleh tersumbatnya saluran drainase yang ada di sekitar wilayah tersebut. "Sudah lama pak sejak hujan deras yang terjadi pada malam Rabu (25/8) kemarin," terang  Trisno salah seorang warga setempat, kepada awak media  Senin (2/9/2019).

Menurut Trisno, jika hujan lebat kawasan RT 10 ini memang sering  terjadi banjir namun tidak berlangsung lama setelah hujan berhenti air juga akan surut. Namun kali ini   sudah hampir seminggu banjir ini belum surut. Akibat banjir ini warga setempat kesulitan untuk beraktifitas bahkan sebagian warga terpaksa harus mengungsi.

Menurut warga setempat, penyebab air tidak karena diujung gorong-gorong saluran air  ada tanah longsor sehingga saluran tersumbat. Dikatakan warga masalah ini ini sudah disampaikan kepada pihak  Kelurahan.

Sakit Hati Mempelai Wanita Setelah Tahu Jenis Kelamin Calon Suaminya, Resepsi Diganti Selamatan Bayi

Kumpulan Foto dan Video Kecelakaan Maut Tol Cipularang, 5 Korban Tewas Hangus Terbakar

ADD di PALI Dipangkas, Puluhan Kades Sambangi Kantor DPRD Pertanyakan Kelanjutan Pembangunan

Gagal Menikah Karena Identisnya Terbongkar, Nilin Si Pria Palsu Jadi Pemurung

Pantaun dilapangan, banjir dikawasan tersebut sangat memprihatinkan, air berwarna hitam pekat dan mengeluarkan bau busuk menyengat. Warga berharap pemerintah setempat bisa mencarikam solusi untuk menangani banjir ini dan kedepan tidak terjadi banjir lagi.

Sementara itu, Lurah Talang Jawa Jaka Atmajaya SSTP MSi mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan tindakan untuk menangani banjir tersebut, bahkan pihak Dinas sosial telah turun memantau rumah-rumah yang terendam banjir.

"Sudah ada alat berat dari Kodim 0403 OKU untuk mengeruk longsor di gorong-gorong dikawasan kelurahan Tanjung Agung yang menjadi saluran banjir ini. Dikatakan lurah, banjir ini  disebabkan oleh pembangunan box culvert dikawasan Kelurahan Tanjung Agung sehingga tanah disekitar box culvert longsor dan menyumbat gorong-gorong saluran air. Akibtanya sekitar 20 rumah yang terendam banjir  dan masih terus dilakukan pendataan. Lurah  berjanji akan terus memantau perkembang wiayah yang tergenang banjir dan s mengajak warga membersihkan saluran apabila saluran yang tersumbat. (eni)

Penulis: Leni Juwita
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved