Berita Musirawas

12 Paguyuban Reog Kumpul di Mura, Rayakan 1 Muharram 1441 H di Kecamatan Jayaloka

12 Paguyuban Reog Kumpul di Mura, Rayakan 1 Muharram 1441 H di Kecamatan Jayaloka

12 Paguyuban Reog Kumpul di Mura, Rayakan 1 Muharram 1441 H di Kecamatan Jayaloka
SRIPOKU.COM/ahmad farozi
Sebanyak 12 Paguyuban Reog Ponorogo diwilayah Sumbagsel berkumpul di Desa Giriyoso Kecamatan Jayaloka Kabupaten Musirawas, Minggu (1/9/2019). Berlumpulnya Paguyuban Reog ini, mengikuti Festival Reog yang dibalut dalam acara Grebeg Suro menyambut Tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah. 

12 Paguyuban Reog Kumpul di Mura, Rayakan 1 Muharram 1441 H di Kecamatan Jayaloka

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Sebanyak 12 Paguyuban Reog Ponorogo diwilayah Sumbagsel berkumpul di Desa Giriyoso Kecamatan Jayaloka Kabupaten Musirawas, Minggu (1/9/2019). Berlumpulnya Paguyuban Reog ini, mengikuti Festival Reog yang dibalut dalam acara Grebeg Suro menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah. Acara tahunan Grebeg Suro ini dihadiri oleh ribuan peserta dan masyarakat kabupaten Musirawas dan sekitarnya.

"Grebeg Suro merupakan pesta rakyat dan sebagai wujud rasa syukur kepada sang pencipta dalam menyambut tahun baru Islam 1 Muharam," ujar Ketua Paguyuban Reog Ponorogo, Rukijo dihadapan Bupati Musirawas H Hendra Gunawan saat menghadiri pembukaan acara ini, Minggu (1/9/2019).

Dikarakan, Grebeg Suro ini juga sebagai media bagi perkumpulan kesenian Reog untuk menjalin silaturahmi dan menjaga serta melesatarikan budaya dengan cara menggelar pentas seni Reog Ponorogo.

"Acara ini menjadi ajang silahturahim bagi 12 kesenian Reog Ponorogo yang ada di wilayah Sumbagsel," ujar Rukijo.

Filosofi Kehidupan Kue Lapan Jam Makanan Khas Palembang, Mulai dari 8 Bekerja Hingga Keranda Mayat

Viral - Pria Tonton Live Streaming Kecelakaan, Hancur Hatinya Ternyata Korban Adalah Calon Istri

Inilah Prosedur Resmi Pembuatan Plat Nomor Cantik beserta Tarif Resminya, Paling Sedikit Rp 5 Jutaan

Sementara itu, Bupati Musirawas H Hendra Gunawan saat hadir dalam kegiatan tersebut mengenakan busana khas Reog Ponorogo. Saat hadir dilokasi, bupati langsung disambut pagelaran Reog Ponorogo dan didaulat untuk naik keatas kepala Reog lalu diarak ketengah lokasi acara.

Dalam kesempatan itu, H Hendra Gunawan mengaku bangga dan bahagia serta memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan Pentas Seni budaya Reog Ponorogo dalam menyambut Tahun Baru Islam.

"Kegiatan budaya seperti ini harus terus dilestarikan dan dilaksanakan, untuk itu Pemkab Musirawas akan menjadikan Pentas Seni Reog Ponorogo sebagai agenda tahunan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Musi Rawas," kata H Hendra Gunawan.

Dia berharap, Paguyuban Reog Ponorogo dapat terus melestarikan kesenian ini dengan memberikan bimbingan dan pengetahuan tetang Reog kepada generasi muda saat ini.

"Saya bangga dengan paguyuban yang terus melestarikan budaya bangsa ini. Dan pada kesempatan ini, saya mengucapkan selamat merayakan tahun baru Islam 1441 Hijriah. Semoga tahun baru ini menjadi tahun yang penuh berkah dan rahmat Allah SWT menuju Musirawas Sempurna," kata H Hendra Gunawan. (ahmad farozi)

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved