Demi Alasan Keselamatan, Garuda Larang Penumpang Bawa Laptop MacBook Pro

Demi alasan keselamatan, Maskapai Garuda Indonesia mengeluarkan larangan membawa produk laptop MacBook Pro tertentu ke dalam pesawat.

Demi Alasan Keselamatan, Garuda Larang Penumpang Bawa Laptop MacBook Pro
SRIPOKU.COM/JATI PURWANTI
Penumpang Garuda Indonesia saat akan memasuki pesawat di bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Garuda Indonesia mengeluarkan larangan bagi penumpang membawa MacBook Pro retina 15 inci. Larangan ini berlaku untuk pengguna yang membawa ke dalam kabin, bagasi, dan kargo.

Larangan ini dikeluarkan Garuda 29 Agustus lalu demi alasan keselamatan.

Dalam keterangan resminya, Garuda mengungkapkan langkah ini ditempuh sebagai upaya antisipasi lantaran ada masalah pada baterai MacBook Pro retina 15 inci.

VP Corporate Secretary PT Garuda Indonesia, M Ikhsan Rosan dalam keterangannya yang diterima Tribun Sumsel mengatakan larangan ini sehubungan dengan adanya kebijakan penarikan kembali produk MacBook Pro Retina 15-Inch oleh Apple sshingga maskapai nasional Garuda Indonesia mengeluarkan larangan bagi penumpang untuk membawa produk tersebut ke dalam pesawat baik di kabin, bagasi maupun layanan kargo sebagai wujud antisipasi dan tatalaksana safety pada layanan penerbangan Garuda Indonesia.

Kebijakan tersebut sejalan dengan aturan yang dikeluarkan oleh European Union Aviation Safety Agency (EASA) serta regulasi dari IATA Dangerous Goods Regulations terkait dengan larangan membawa MacBook Pro Retina 15-Inch menyusul ditemukannya permasalahan pada baterai laptop di produk Apple tersebut yang berpotensi menimbulkan gangguan terhadap aspek keselamatan penerbangan.

Adapun pelarangan membawa perangkat MacBook ini diperuntukkan untuk series (serial number) tertentu yang terjual dalam periode September 2015 dan Februari 2017.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai detail spesifikasi produk yang dilarang masuk ke dalam pesawat dapat mengunjungi https://support.apple.com/en- sg/15-inch-macbook-pro- battery-recall.

"Garuda Indonesia akan terus berkoordinasi dengan pihak regulator maupun stakeholders  lainnya untuk menindaklanjuti larangan membawa perangkat laptop tersebut  hingga adanya perkembangan lebih lanjut," ujar M Ikhsan.

Sementara itu Manager Marketing Garuda Indonesia cabang Palembang, Meisye Paulina Tambunan mengatakan larangan tersebut berlaku untuk semua rute Garuda Indonesia termasuk Palembang.

Sejak diberlakukan beberapa hari lalu belum ditemukan ada penumpang yang membawa laptop dilarang tersebut.

"Baru diumumkan dan belum ada penumpang yang kedapatan membawa laptop spesifikasi ini," ujar Meisye, Minggu (1/9/2019). (TS/Tati)

Editor: Budi Darmawan
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved