Tahun Hijriyah

Tahun Islam Dikenal Sebagai Tahun Hijriyah

Tahun Islam dikenal sebagai Tahun Hijriyah. Permulaannya didasarkan dari peringatan pe­ris­tiwa hijrah Rasulullah dari Mekkah ke Madinah.

Tahun Islam Dikenal Sebagai Tahun Hijriyah
ist
Prof. Dr. H Jalaludin

Memperingati Tahun Baru Hijriyah

Oleh : Prof. Dr. H Jalaludin

Mantan Rektor UINRaden Fatah Palembang

Tahun Islam dikenal sebagai Tahun Hijriyah. Permulaannya didasarkan dari peringatan pe­ris­tiwa hijrah yang dilakukan oleh Rasul Allah Saw. dari Mekkah ke Madinah.

Kaum Mus­limin telah sepakat pula menempatkan bulan Muharram sebagai bulan awal tahun Hijriyah ini.

Pembagian tahun dalam bulan- bulan memang sudah dikenal masyarakat Arab sebelum ke­datangan Islam. Mereka menggunakan perhitungan berdasarkan peredaran bulan ( Qamar ).

Ta­hun lunar (bulan) ini terbagi dari peredaran 12 bulan. Tiap-tiap peredaraan diketahui dari terbitnya bulan sabit ( hilal ).

Al- Qur’an memberi pokok- pokok petunjuk mengenai il­mu falak secara umum seputar peredaran bulan.

Dikemukan Allah : Dia lah yang men­ja­di­kan matahari bersinar dan bulan bercahaya, dan Dia lah yang menetapkan tempat-tempat or­bit­nya, agar kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu) Allah tidak men­­ciptakan demikian itu melainkan dengan benar. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebe­sa­aran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui (QS. 10 : 5)

Selanjutnya dikemukakan Al-Qur’an :“Mereka bertanya kepadamu tentang bulan-bulan ba­ru. Katakanlah bulan-bulan itu untuk menentukan waktu bagi manusia dan bagi menger­ja­kan ibadah haji (QS. 2 : 189).

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved