Berita OKU Selatan

Cegah Karhutlah dan Bencana di Wilayah OKU Selatan Lakukan Ini Patut Ditiru

Cegah Karhutlah dan Bencana di Wilayah OKU Selatan Lakukan pemahaman pada masyarakat terkait bencana yang akan terjadi

Cegah Karhutlah dan Bencana di Wilayah OKU Selatan Lakukan Ini Patut Ditiru
SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH
Cegah Karhutlah dan Bencana di Wilayah OKU Selatan Lakukan Ini Patut Ditiru 

Cegah Karhutlah dan Bencana di Wilayah OKU Selatan Lakukan Ini Patut Ditiru

Laporan Wartawan Sripoku.com Alan Nopriansyah.

SRIPOKU.COM, MUARADUA -- Waspada dini terhadap Karhutlah dan Dampak Pencegahan nya, Bupati OKU Selatan melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Joni Rafles, AP.M.Si meminta pihak terkait cepat tanggap dalam merespon karhutla maupun bencana di Kabupaten OKU Selatan.

"Tidak hanya BPBD, namun antisipasi dan tindak lanjut adalah tanggungjawab kita semua dan harus cepat tanggap," tegas Joni.

Terkait sosialisasi terhadap masyarakat Mewakili Bupati Asisten I Joni Rafles, pada rakor dengan tema "Karhutlah dan dampak pencegahannya", karhutla meminta kepada semua sektor untuk terus menerus memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait Karhutla dan juga bencana mengingat memasuki musi penghujan.

"Diharapkan pada semua sektor untuk terus menerus memberikan pemahaman pada masyarakat terkait Karhutlah, dan juga memasuki musim penghujan agar lebih cepat mengantisipasi terjadinya bencana," terang Joni pada rapat dilakukan di ruang rapat Sekda OKU Selatan.

Pada rapat koordinasi dihadiri pihak terkait Polri melalui Kasat Intel Polres OKU Selatan Danramil dan jajaran dan Kepala BPBD OKU Selatan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Doni Agusta SKM, MM mengatakan OKU Selatan pada bulan Juli terdeteksi 4 titik hotspot dan di bulan Agustus 14 titik hotspot melalui pantauan aplikasi lapan Fire Hot Spot.

"Terkait Karhutlah, Tim Relawan Karhutlah BPBD sejak tahun 2015 rutin melakukan kegiatan pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten OKU Selatan," terang Dony.

Menanggapi hal itu Kasat Intel Polres OKU Selatan menjelaskan bahwa pihaknya telah melaksanakan upaya-upaya dalam kasus Karhutlah, diantaranya pencegahan, penyuluhan, penyebaran maklumat.

Selain itu juga Polres melakukan pembentukan satgas kebakaran, posko yang dilengkapi personel dan peralatan, monitor perkembangan hotspot, pemetaan lokasi rawan kebakaran, penegakan hukum, satgas gakkum, penyidikan secara konsisten, dan pemberlakuan status quo pada lahan kebakaran.

Penulis: Alan Nopriansyah
Editor: adi kurniawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved