Biaya Operasi Rp 950 Juta, HD Ajak Warga Galang Dana untuk Kembar Siam

Deru bersyukur bahwa kedua orang tua Aysha merupakan peserta aktif dari BPJS Kesehatan yang membayar secara mandiri.

Biaya Operasi Rp 950 Juta, HD Ajak Warga Galang Dana untuk Kembar Siam
Humas Pemprov Sumsel
Gubernur menjenguk bayi kembar dempet Aisyah yang selamat setelah operasi selama 7 jam di RSMH Palembang. 

PALEMBANG, SRIPO -- Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk dapat membantu dan memberikan donasi bagi si Kembar Siam, Aysha. Mengingat diperkirakan biaya perawatan untuk Aysha selama dirumah sakit akan menelan biaya Rp 950 juta.

Namun, Deru bersyukur bahwa kedua orang tua Aysha merupakan peserta aktif dari BPJS Kesehatan yang membayar secara mandiri. Sehingga, dalam proses operasi pemisahan dan perawatan di RSMH Palembang biaya tetap dicover.

"Kedua orangtua anak cantik ini merupakan honorer yang mengajar di salah satu SD, oleh karenanya masih butuh biaya banyak. Saya mengajak bagi masyarakat, untuk sama-sama buka kantong kita untuk membantu meringankan biaya perawatan disini," jelasnya.

Ditambahkan, Direktur Utama RSMH Palembang Mohammad Syahril, secara total biaya yang dibutuhkan Rp 950 juta dengan lama masa perawatan di rumah sakit diperkirakan selama 3-6 bulan, mulai dari Persiapan, Fase Operasi, di ICU dan perawatan. Biaya tersebut tidak termasuk biaya dokter karena pihak RSMH Palembang memberikan bentuk kepedulian sosial berupa pembebasan biaya penanganan.

"Dari BPJS ditanggung Rp 120 juta, jadi selisihnya masih banyak. Oleh karenanya kami dari RS juga berharap ada donasi atau bantuan pihak lain," katanya.

Pada dasarnya, dengan kondisi penanganan perawatan pada Alisya dan Aysha seperti ini harusnya diperlukan biaya cukup banyak, tetapi baik dari BPJS Kesehatan juga tidak dapat mengcover seluruhnya lantaran adanya platform biaya yang sudah ditentukan.

"Kalau biaya dokter juga dimasukan tentu akan lebih besar, tapi kami anggap ini sebagai wujud bantuan sosial bagi RSMH Palembang. Terlebih, ini bukan kali pertama bagi RSMH melakukan tindakan serupa, ini adalah yang ketiga kalinya," jelasnya.

Pasca dilakukan proses operasi pemisahan untuk si Kembar Siam Alisya (Almh) dan Aysha kemarin di RSMH Palembang, Kini kondisi Aysha berlangsung stabil dan diinformasikan oleh tim dokter bahwa sang kembaran Alisya yang harus direlakan dalam proses pemisahan telah mulai minum Air Susu Ibu (ASI) meski harus melalui selang.

Dr Ria Nova, Dokter Spesialis yang juga menjadi Ketua Tim Operasi Bayi Kembar Siam mengatakan, untuk saat ini kondisi si kembari mulai menunjukkan respon seperti tangan dan kaki yang sudah bergerak.

"Minum ASI sudah, BAB pun juga. Tapi untuk pernafasan masih dibantu oleh alat bantu nafas," jelasnya singkat Kamis (29/8/2019)

Halaman
12
Penulis: Rahmaliyah
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved