Hidup Berdampingan Dengan Kehidupan Liar

Hutan adalah rumah, rumah bagi berbagai komponen lingkungan, biotik maupun abiotik, dimana terjadi interaksi timbal balik y

ist
Pemasangan Kamera Trap pada Jalur Yang dilintasi satwa 

Hidup Berdampingan  Dengan Kehidupan  Liar 

Erman Y Fitriyadi

Praktisi Konservasi di Palembang 

Hutan adalah rumah. Rumah bagi berbagai komponen lingkungan, biotik maupun abiotik, dimana terjadi interaksi timbal balik yang saling mempengaruhi antara komponen yang satu dengan yang lainnya.

Selain itu membentuk suatu siklus yang berkesinambungan yang disebut sebagai sebuah ekosistem.

Selain bermanfaat sebagai salah satu aspek biosfer bumi yang paling penting, ekosistem hutan juga mempunyai manfaat-manfaat bagi kehidupan manusia dan lingkungan.

Ekosistem hutan merupakan ekosistem yang cakupan wilayahnyaberupa hutan.

 Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya ekosistem merupakan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya yang berupa hubungan timbal balik.

Sehingga dapat dikatakan bahwa ekosistem hutan ini merupakan hubungan antara kumpulan beberapa populasi (baik itu populasi binatang maupun tumbuh- tumbuhan) yang hidup di permukaan tanah dan berada di pada suatu kawasan hutan.

Ekosistem hutan ini membentuk suatu kesatuan ekosistem yang berada dalam keseimbangan yang bersifat dinamis dan mengadakan interaksi baik langsung maupun tidak langsung dengan lingkungannya antara satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved