Berita Palembang

ACT Sumsel Kirim 9 Mobil Tangki Air ke Tiga Wilayah di Palembang yang Mengalami Krisis Air Bersih

Turut serta mengatasi bencana tersebut Aksi Cepat Tanggap Sumsel dengan menyalurkan 140 ribu liter atau 9 mobil tangki air bersih ke tiga wilayah.

ACT Sumsel Kirim 9 Mobil Tangki Air ke Tiga Wilayah di Palembang yang Mengalami Krisis Air Bersih
SRIPOKU.COM/JATI PURWANTI
Pelepasan mobil pangangkut tangki air bersih di depan kantor ACT Sumsel, Kamis (22/8/2019) 

Laporan wartawan sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Memasuki musim kemarau, kekeringan mulai melanda beberapa wilayah di Indonesia, salah satunya di beberapa wilayah di Provinsi Sumsel hingga mengakibatkan krisis air bersih.

Pemerintah melalui Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun memprediksi bahwa kekeringan tahun ini lebih kering dari 2018 lalu bahkan, status kekeringan kali ini telah ditetapkan sebagai bencana darurat.

Turut serta mengatasi bencana tersebut Aksi Cepat Tanggap atau ACT Sumsel dengan menyalurkan 9 mobil tangki air bersih  ke tiga wilayah di Palembang yaitu Kelurahan Gandus, Keramasan dan Gasing, Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin.

Staf Program ACT Sumsel, Reza Ardiansyah mengatakan kegiatan tersebut dilakukan juga serentak di 10 titik di seluruh Indonesia yang terkena musibah kekeringan akibat kemarau panjang.

Ridwan Pergoki Rah Sedang Menindih Tubuh Cucunya yang Berusia 10 Tahun, Laporan Kasus Pencabulan

Musim Kemarau Keindahan Air Terjun Temam di Lubuklinggau Selatan Hilang

Oditur Militer Tuntut Prada DP Dihukum Seumur Hidup dan Dipecat, Prada DP Menangis

"Sebelumnya, bahkan telah dilakukan sejak Juli hingga awal Agustus lalu sudah ada 65 ribu liter air bersih yang ACT berangkatkan. Air ini laik minum dan untuk konsumsi sehari-hari," kata dia, Kamis (22/8/2019).

Jangakauan program bantuan air bersih di Sumsel ini meliputi Palembang, Indralaya dan Banyuasin. Dari total 17 kabupate dan kota di Sumsel tinggal 14 kabupaten/kota yang tengah menjalani proses assessment bantuan air bersih bagi yang mengalami kekeringan.

Organisasi nirlaba ini pun sudah membangun beberapa sumur bor di beberapa daerah yang kesulitan air agar masyarakat tidak ketergantungan tangki air lagi.

"Kami juga mengajak masyarakat untuk berkontribusi dalam menghadapi bencana kekeringan dengan menyalurkan donasi. Donasi bisa datang langsung melalui rekening resmi ACT atau melalui LinkAja." jelas Reza.(Adv/mg3)

Penulis: Jati Purwanti
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved