Human Interest Story

Gencarkan Promosi Kain Daerah

selama ini kerap kali ada masyarakat yang justru tidak familiar dengan kain daerah mereka sendiri.

Gencarkan Promosi Kain Daerah
ISTIMEWA
Salah satu wanita tampil menggunakan pakaian daerah Sumsel berbahan Kain Kawai Kanduk asal OKU Selatan 

SIAPA sangka ternyata Provinsi Sumatera Selatan mempunyai puluhan jenis kain khas di tiap Kabupaten/kota yang cantik dan mempesona. Masing-masing kain memiliki motif dan corak yang menonjolkan kekhasan daerah mereka. Misalnya, Kain Kawai Kanduk asal Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan yang belakangan populer menjadi ikon tekstil daerah tersebut.

Ketua TP PKK Sumatera Selatan, Febrita Lustia Herman Deru didampingi Wakil Ketu TP PKK Sumsel, Fauziah Mawardi mengungkapkan, untuk semakin mempopulerkan kain-kain khas daerah ini, TP PKK berinisiatif untuk bekerjasama dengan desainer lokal seperti Adis Karim, Ratu Sovia, dan masih banyak lagi.

"Untuk di puncak Hari Kesatuan Gerak PKK memang kita minta bantuan dari desainer membuat busana baik kerja, pesta ataupun santai dengan kain daerah, ternyata disanggupi dan hasilnya memuaskan. Saya harap daerah-daerah lain juga termotivasi untuk lebih gencar mempromosikan kain mereka, khusus puncak HKG ini hanya sebagai contoh bagaimana langkah mengoptimalkan kain daerah tersebut," jelasnya, Selasa (20/8/2019).

Lanjut Feby, selama ini kerap kali ada masyarakat yang justru tidak familiar dengan kain daerah mereka sendiri.

"Nah, jika sudah jadi busana seperti ini kan bisa dipakai untuk sehari-hari sehingga lebih makin dikenal. Bisa juga menggunakan kain khas daerah mereka untuk seragam sebuah organisasi. Diharap gandeng juga desainer lokal sehingga sama-sama terangkat," jelasnya.

Sementara itu, Isyana Popo Ali, Ketua TP PKK Kabupaten OKU Selatan menjelaskan, kain Kawai Kanduk mempunyai keistimewaan jika dibandingkan kain-kain yang ada di Sumsel.

"Ciri khasnya dibordirannya yang tidak belum ditemukan di daerah lain. Selain itu, kain ini pun sudah dimodifikasi menjadi busana dan dikenakan Putri Indonesia Asal Sumsel. Ini juga sebagai langkah mempromosikan kain Kawai Kanduk," ujarnya. (cr26)

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved