Kacang Kenari Bantu Redakan Stres

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients telah menemukan, bahwa kacang walnut kemungkinan menjadi kunci untuk meredakan stres.

Kacang Kenari Bantu Redakan Stres
kompas.com
ilustrasi walnut 

SRIPOKU.COM -- Banyak dari kita yang menghabiskan banyak waktu terjebak stres, entah itu di tempat kerja, di kampus, atau bahkan di rumah.

Berbagai hal seperti teknik pernapasan dan olahraga teratur dikatakan dapat mengurangi efek stres, tapi sebuah studi baru telah menemukan, bahwa apa yang kita konsumsi juga dapat memengaruhi tingkat stres.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients telah menemukan, bahwa kacang walnut kemungkinan menjadi kunci untuk meredakan stres.

Di masa lalu, penelitian tentang kenari telah menunjukkan efek menguntungkan pada masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

“Studi kami berbeda, karena kami fokus pada kognisi dan uji coba terkontrol acak, kami mengukur hasil suasana hati pada pria dan wanita,” kata Profesor Nutrisi Peter Pribis.

Sebanyak enam puluh empat siswa berusia antara 18-25 berpartisipasi dalam penelitian ini dan mereka mewakili sebagian besar kelompok etnis Kaukasia, Afrika Amerika, Hispanik, dan Asia.

Para siswa diminya untuk makan tiga iris roti pisang setiap hari selama enam belas minggu. Mereka diminta makan roti pisang dengan kenari selama 8 minggu dan tanpa kenari selama 8 minggu.

Setengah cangkir kenari ditumbuk ke dalam adonan roti, sehingga roti terasa dan tampak sama dengan roti yang tanpa kenari.

Suasana hati para siswa diukur setiap akhir minggu dalam delapan minggu.

Anehnya, terlihat peningkatan pada pria dalam penelitian khusus ini, sedangkan pada wanita tidak.

“Ada peningkatan suasana hati yang berarti hingga 28 persen pada pria muda,” ujar Pribis.

“Namun, kami tidak melihat adanya perbaikan suasana hati pada wanita. Mengapa? Ini yang kami belum tahu,” lanjutnya.

Namun, tak ada salahnya memilih kacang kenari sebagai camilan, untuk melihat apakah suasana hatimu berubah dan level stres menurun. Atau mungkin menyiapkan camilan ini untuk para pria, yang sudah terbukti manfaatnya.

“Makanlah lebih banyak kenari. Ini hal yang mudah dilakukan. Mereka tidak hanya baik untuk suasana hati, tapi juga kesehatan secara keseluruhan. Jumlah yang disarankan adalah satu genggam per hari,” jelas Pribis.

Penulis: Aminudin
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved