Berita Palembang

Ikut Meriahkan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 47, TP PKK Banyuasin Bangga Kenalkan Motif Batik Banyuasin

Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuasin ikut menyemarakkan puncak Hari Kesatuan Gerak PKK Ke 47 Tahun 2019 di Ballroom Aryaduta Hotel

Ikut Meriahkan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 47, TP PKK Banyuasin Bangga Kenalkan Motif Batik Banyuasin
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
Gubernur Sumsel, Herman Deru beserta Ketua TP PKK Sumsel, Febrita Lustia Herman Deru saat mengunjungi stand TP PKK Banyuasin 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuasin ikut menyemarakkan puncak Hari Kesatuan Gerak PKK Ke 47 Tahun 2019 di Ballroom Aryaduta Hotel, Selasa (20/8/2019)

Menjadi salah satu peserta pameran, TP PKK Kabupaten Banyuasin tak lupa membawa serta aneka ragam produk andalan yang menjadi kebanggaan daerah Sedulang Setudung, yakni kain batik Banyuasin

Dibawah asuhan Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin, Sri Fitriyanti Askolani, Kabupaten Banyuasin berupaya untuk melestarikan serta mempromosikan kain batik yang memiliki motif khas mencerminkan karakteristik Kabupaten Banyuasin.

Bupati Banyuasin H Askolani SH MH dan Ketua TP PKK Banyuasin dr Sri Fitriyanti Askolani
Bupati Banyuasin H Askolani SH MH dan Ketua TP PKK Banyuasin dr Sri Fitriyanti Askolani (SRIPOKU.COM/MAT BODOK)

Reny Novia, Sekertaris TP PKK Kabupaten Banyuasin mengatakan, kain batik Banyuasin punya corak ataupun motif istimewa. Meski masih tergolong baru dan belum banyak orang yang tahu tentang batik ini, namun dalam pembuatan batiknya terdapat makna yang terkandung, seperti motif ikan Sembilang melambangkan habitat perairan yang banyak terdapat di kawasan perairan Kabupaten Banyuasin.

Lalu, motif udang melambangkan Kabupaten Banyuasin memiliki potensi kelautan yang begitu besar. Salah satunya adalah udang yang banyak diolah menjadi makanan khas Banyuasin berupa pempek dan kemplang udang. Adapula motif daun karet, motif tangkai buah padi yang semakin mempercantik kain batik Banyuasin

"Inilah yang menjadi ciri khas Batik Banyuasin. Kami berharap melalui upaya promosi hari ini membuat produk Banyuasin semakin berkibar lagi," ujarnya, Selasa (20/8/2019).

Ia menambahkan, bukan hanya mempromosikan namun TP PKK Kabupaten Banyuasin juga memberikan pembinaan kepada kader-kader PKK Desa agar terus ada regenerasi di masyarakat yang akan menjaga dan melestarikan batik Banyuasin.

"Kita juga mendatangkan pelatih yang kompeten, bahkan untuk membatik kader TP PKK dikirim langsung ke Balai Besar Batik Jogja untuk belajar bagaimana cara membatik yang benar," katanya.

Selain itu, dengan adanya pelatihan berkelanjutan diharapkan dapat memberikan feedback bagi peningkatan pendapatan keluarga.

Dikasih Segudang Kado, Begini Reaksi Nagita Slavina Saat Mainan Rafathar Diminta Anak Adik Iparnya

Biografi Chef Aiko, Berkat Jago Masak Kini Sukses di Dunia Hiburan, Dapat Julukan Bidadari Dapur

Forsikada Sumsel Wadah Silaturahmi bagi para Istri Kepala Daerah Tukar Pikiran Program Kerja PKK

Penulis: Rahmaliyah
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved