Berita Palembang

Universitas Taman Siswa Palembang Upacara HUT ke-74 RI, Ini Pesan Rektor untuk Pendidik & Pelajar

Upacara bendera dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia di Halaman Kampus Universitas Taman Siswa (Unitas) Palembang

Universitas Taman Siswa Palembang Upacara HUT ke-74 RI, Ini Pesan Rektor untuk Pendidik & Pelajar
TRIBUN SUMSEL/WENI WAHYUNY
Unitas saat menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati HUT ke-74 RI di halaman Unitas Palembang, Sabtu (17/8/2019) 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia, ribuan peserta dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi Taman Siswa menggelar upacara bendera  di Halaman Kampus Universitas Taman Siswa (Unitas) Palembang, Sabtu (17/8/2019).

Upacara bendera digelar sejak pukul 7 pagi, Rektor Unitas Palembang, Ki. Drs. H. Joko Siswanto, M.Si bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada upacara tersebut. 

Selain upacara, juga digelar beberapa perlombaan yang digelar oleh tingkat SD-SMA untuk memeriahkan HUT RI ini. 

Perguruan Tinggi Taman Siswa menggelar upacara bendera dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia di Halaman Kampus Universitas Taman Siswa (Unitas) Palembang
Perguruan Tinggi Taman Siswa menggelar upacara bendera dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia di Halaman Kampus Universitas Taman Siswa (Unitas) Palembang. (TRIBUN SUMSEL/WENI WAHYUNY)

Semarak HUT RI ke 74, Deretan Artis Ini Ternyata Lahir di Hari Kemerdekaan, No 5 Tinggal di Amerika

Kisah Muhamat Asraf, Berbekal Sepatu Robek Pinjaman hingga Lolos Jadi Paskibraka Nasional di Istana

Joko mengatakan bahwa selain siswa dari SD, SMP, SMA dan mahasiswa perguruan tinggi, upacara pula diikuti oleh seluruh tenaga pengajar baik dari guru, dosen, pamong dan pihak yayasan. 

Menurutnya jalannya rangkaian upacara sudah memenuhi standar dengan membaca teks proklamasi, pembacaan Pancasila, mengibarkan bendera merah putih, menyanyikan lagu Indonesia rata dan ditutup dengan lagu-lagu heroik pembangkit semangat para peserta.

 “Kita harapkan HUT Ini sesuai dengan tema pada peringatan ini ‘SDM Unggul, Indonesia Maju’,” kata Joko.

Ia melanjutkan, dari tema tersebut ia menjabarkan agar semua semua tenaga pendidik baik guru maupun dosen harus berusaha memperbaiki diri agar bisa jadi Sumber Daya Manusia yang unggul dari sisi intelektualitas, emosionalitas dan lain sebagainya,” terangnya.

Sementara untuk yang dididik, dari siswa tingkat SD-SMA serta mahasiswa perguruan tinggi agar memaknai HUT RI dengan baik. Terlebih bahwa dunia saat ini sudah berada dalam dunia teknologi.

“Dengan berkembangnya dunia teknologi saat ini maka anak-anak muda diharapkan dapat meningkatkan kualitas diri,” terang Joko. 

Seperti “ajaran” di lingkungan perguruan tinggi dengan nama SBII (Sifat, Bentuk, Isi, Irama), mahasiswa diminta tidak statis dan dapat mengembangkan diri. 

 “Sifatnya tetap, tapi bentuk, isi dan irama harus berubah,”

 “Ini menggambarkan bahwa kita itu elastis, sikapi perkembangan termasuk digitalisasi. Harus ubah mindsetnya, dengan demikian adaptif dengan lingkungan yang sedang berkembang sekarang,” tukasnya. (Tribun Sumsel.com/Weni Wahyuny)

11 Artis Keturunan Pahlawan dan Pejuang Indonesia, No 8 keturunan Proklamator Kemerdekaan Indonesia

Kenang Jasa Pahlawan, Renungan Suci di TMP Ksatria Ksetra Siguntang Palembang Diliputi Rasa Haru

Fakta Pelaku Demo di Cianjur Lempar Bahan Bakar, 4 Anggota Polisi Korban Terbakar Dinaikkan Pangkat

Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved