Berita Musirawas

Datangi PAUD Dan Sekolah , Disdukcapil Musirawas Jemput Bola Bikin Kartu Identitas Anak

Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Musirawas, secara berkala melakukan upaya jemput bola membuat Kartu Identitas Anak (KIA).

Datangi PAUD Dan Sekolah , Disdukcapil Musirawas Jemput Bola Bikin Kartu Identitas Anak
SRIPOKU.COM/ahmad farozi
Sejak di launching pada akhir tahun 2018, Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Musirawas, secara berkala melakukan upaya jemput bola membuat Kartu Identitas Anak (KIA) 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Ahmad Farozi

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Sejak di launching pada akhir tahun 2018, Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Musirawas, secara berkala melakukan upaya jemput bola membuat Kartu Identitas Anak (KIA). Jemput bola dilakukan dengan cara mendatangi PAUD dan sekolah-sekolah yang ada diwilayah Kabupaten Musirawas.

"Selain melakukan pelayanan di kantor, kita juga melakukan pelayanan jemput bola untuk membuat KIA ini. Dengan cara datangi PAUD, sekolah-sekolah sekaligus sosialisasi dengan masyarakat sekitar, agar anaknya dibikinkan KIA yang dapat digunakan untuk keperluan pelayanan publik lainnya," kata Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Musirawas, Darwin kepada Sripoku.com, Rabu (14/8/2019).

Dikatakan, program KIA di Kabupaten Musirawas sudah dilaunching olah pihak Kemendagri pada akhir tahun 2018. Sejak dilaunching, pihaknya mulai melakukan pembuatan KIA. Dimana, Musirawas mendapatkan 17.000 blangko KIA dan kemudian ditambah dengan pengadaan sebanyak 6.000 lembar blangko KIA.

Penuhi Panggilan Penyidik Kejagung RI, Mantan Gubernur Sumsel Alex Noerdin Datang Tepat Waktu

Bolos Sekolah Demi Wifi Gratisan, Empat Pelajar SMA di Rupit Muratara Ini Digaruk Petugas Satpol PP

VIRAL Video Aksi Bully pada Seorang Kakek Tunawisma, Terungkap Kisah Pilu Kehidupannya Selama Ini!

Dijelaskan, sampai sejauh ini, jumlah anak yang tersebar di 14 kecamatan di Musirawas yang sudah dibuatkan KIA sebanyak 15.295. Dengan rincian, sebanyak 7.825 diantaranya anak laki-laki dan 7.470 anak perempuan. "Pembuatan KIA ini sudah kita laksanakan secara merata di 14 kecamatan yang ada di Musirawas, dan sampai saat ini masih terus kita lakukan," ujarnya.

Ditambahkan, KIA ini diperuntukkan bagi penduduk yang berusia satu hari sampai dengan usia 17 tahun minus satu. Adapun KIA untuk anak usia satu hari sampai dengan lima tahun, tidak menggunakan foto. Dan usia lima tahun sampai 17 tahun itu menggunakan foto. Untuk membuat KIA ini lanjut Darwin, tidak dilakukan perekaman seperti pembuatan KTP, tapu cukup hanya menginput data anak.

"Syarat bikin KIA ini cukup mudah, antara lain foto copi kartu keluarga (KK), akte kelahiran dan pas foto anak," katanya. (ahmad farozi)

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved