Bakar Lahan Mantan ASN Diamankan Di Mapolres Muba

Pelaku yang merupakan pensiunan ASN ini melakukan pembakaran lahan di Jalan Sekayu-Pendopo, Kamis (8/8/18) sekitar pukul 13.00 WIB.

Bakar Lahan Mantan ASN Diamankan Di Mapolres Muba
IST/POLRES
Pelaku Ahyar ketika diamankan di Mapolres Muba bersama barang bukti. 

SRIPOKU.COM, SEKAYU - Ditengah maraknya sosialiasi pencegahan kebakaran hutan kebun dan lahan (Karhutbunla) di sejumlah intansi yang ada, namun tidak menyadarkan pelaku Ahyar (51) warga Jalan Laut Kelurahan Soak Baru Kecamatan Sekayu Kabupaten Muba. Pelaku yang merupakan pensiunan ASN ini melakukan pembakaran lahan di Jalan Sekayu-Pendopo, Kamis (8/8/18) sekitar pukul 13.00 WIB.

Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti SE MM, melalui Kasat Reskrim AKP Deli Haris SH MH, mengatakan persitiwa karhutbunla tersebut diketahui setelah pihak kepolisian mendapatkan informasi bahwa terjadi kebakaran Lahan di jalan Sekayu - Pendopo Kel Soak Baru.

"Kita mendapatkan informasi tersebut dari masyarakat sekitar bahwa terjadinya karhutbunla, saya memerintahkan Kanit PidSus Iptu Rusli beserta anggotanya untuk segera mengecek kebenaran tersebut. Dari olah TKP memang terlah terjadi kebakran lahan dengan di sengaja," kata Deli.

Buat Yang Lahir Tanggal 17 Agustus, Perpanjangan SIM A Dan C di Polresta Palembang Gratis

Dua Korban Tertimbun Longsor di Pagaralam Di Makamkan Berdampingan

Korban Yang Tewas Tertimbun Longsor Bermaksud Menambang Batu Untuk Pembangunan Pesantren

Merasa Telah Ditipu, Wanita Ini Laporkan Kenalannya ke Polisi

Lanjutnya, setelah pihaknya melakukan pemeriksaan olah TKP dan pemeriksaan saksi diketahui kebakaran lahan itu sengaja di bakar. Dimana dari interograsi berhasil mengantongi satu nama pelaku pembakaran lahan.

"Pelaku dengan sengaja melakukan pembakaran lahan tanah seluas 5 Hektar milik pelaku. Pelaku langsung diamankan Senin (12/8/19) oleh Tim Reskrim Pidana Khusus, pada saat diamankan pelaku tidak melakukan perlawanan,"ungkapnya. 

Dari tindak kejahatan karhutbunla tersebut pihaknya mengamankan barang bukti berupa 2 buah karet ban dalam mobil warna hitam, Kawat sisa ban luar mobil yg terbakar berbentuk gulungan, 2 puntung / arang kayu bekas bakar, Sisa abu ban yg terbakar, 1 pasang sepatu milik pelaku yang masih terdapat sisa abu bakaran yang menempel di sepatu tersebut merk FANS warna putih biru, 2 pasang sepatu milik pelaku yang masih terdapat sisa abu bakaran yg menempel di sepatu tersebut merk EAGLE  warna abu - abu orange. 

Curanmor Beraksi Lagi, Motor Fredy Raib Di Parkiran Depan Konter Daerah 5 Ulu Palembang

Viral Siswa SMA di Labuhan Batu Nangis, Posisinya Sebagai Anggota Paskibraka Digantikan Anak Pejabat

"Saat ini pelaku sudah diamankan beserta barang buktinya, untuk tindak kejahatan tersebut pelaku kita kenakan pasal 187 ayat (1) Jo Pasal 188 KUHPidana,"jelasnya.

Sementara, Ahyar mengakui semua perbuatan yang dilakukannya hal tersebut karena kelalaian diri sendiri. "Saya akui saya pak karena kelalaian saya,"ujarnya singkat. (dho)

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved