Inilah 7 Tradisi Unik Idul Adha di Indonesia

Pada umumnya, warga akan merayakan Idul Adha dengan shalat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban. Namun, apa kamu tau setiap daerah di Indonesia memil

Inilah 7 Tradisi Unik Idul Adha di Indonesia
https://travel.kompas.com/
Rombongan gamelan sekaten yang mulai memasuki Masjid Agung Surakarta. (Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya) 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Hari Raya Idul Adha sudah kita lalui. Pada umumnya, warga akan merayakan Idul Adha dengan shalat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban. Namun, apa kamu tau setiap daerah di Indonesia memiliki tradisi Idul Adha yang berbeda?

3 Tradisi Unik Idul Adha di Indonesia, Ada Manten Sapi

20 Kata Spesial Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha, Cocok Dijadikan Status WhatsApp dan Instagram

Dilansir dari berbagai sumber, KompasTravel merangkum tujuh tradisi unik Idul Adha dari berbagai daerah di Indonesia:

1. Gamelan Sekaten
Tradisi ini merupakan budaya yang akan dilakukan oleh masyarakat Jawa Tengah pada saat Idul Adha. DItandai dengan ansambel musik gamelan yang biasanya dilaksanakan setelah sholat Idul Adha.

2. Kaul dan Abda'u
Di timur Indonesia tepatnya di Kota Ambon, pemuka agama akan mengendong kambing yang ingin dikurbankan. Tradisi ini dinamakan Kaul dan Abda'u. Kambing biasanya akan dibawa dengan kain layaknya bayi dan diarak mengelilingi pemukiman warga, sebelum dibawa ketempat eksekusi hewan kurban.

Zikir dan shalawat dikumandangkan seama perjalanan. Tradisi ini ini dilakukan setelah shalat Idula Adha dan dilakukan di daerah-daerah di Maluku Tengah.

3. Manten Sapi

ilustrasi
Tradisi Manten Sapi merupakan tradisi menghias hewan kurban menjelang hewan kurban yang digelar di warga Wates Tani Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. (KOMPAS.COM/M ANAS)

Saat Idul Adha, tradisi ini akan dilakukan oleh orang Pasuruan. Dalam rangka menghormati hewan kurban yang akan disembelih, warga Pasuruan akan mendandani hewan kurban terlebih dahulu.

Bunga tujuh rupa dengan bermacam pernak-pernik berwarna-warni akan dikenakan ke hewan kurban sebelum diarak keliling kota.

4. Toron
Tradisi ini dirayakan oleh orang Madura. Ditandai dengan banyaknya orang Madura yang pulang kampung saat Idul Adha. Silaturahmi dengan keluarga di kampung halaman menjadi puncak perayaan tradisi ini.

5. Apitan
Tradisi khas dari Semarang dalam merayakan Idul Adha. Dalam tradisi ini, warga Semarang akan mengarak hasil-hasil panen dari daerahnya mengintari seluruh kota. Memakan nasi tumpeng beramai-ramai menjadi puncak acara dari tradisi ini.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved